Universitas Sumatera Utara memperingati hari Pendidikan Nasional yang diadakan pada tanggal 2 Mei 2011 bertempat di Lapangan Kantor Pusat Administrasi USU. Rektor Prof. Syahril Pasaribu mengatakan pada sambutannya bahwa keilmuan sebagai medianya memanusiakan manusia sebagai salah satu tujuannya, dan kemampuan untuk manjawab berbagai persoalan yang sifatnya kekinian maupun antisipasi masa depan (kenantian) sebagai keniscayaan. Oleh karena itu kita semua harus secara bersama-sama terus menerus berikhtiar dengan sungguh-sungguh untuk menanganinya, demi kemualiaan diri, bangsa, negara dan umat manusia. Disinilah mengapa pendidikan berbasis karakter dengan segala dimensi dan variasinya menjadi penting dan mutlak. Karakter yang ingin kita bangun bukan hanya karakter berbasis kemulian diri semata, akan tetapi secara bersamaan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa. Karakter yang ingin kita bangun bukan hanya kesantunan, tetapi secara bersamaan kita bangun karakter yang mampu menumbuhkan kepenasaran intelektual sebagai modal untuk membangun kreativitas dan daya inovasi, tambah rektor.

 

Dalam kesempatan tersebut, Rektor membacakan Keputusan Presiden Republik Indonesia dalam hal Penerima Satyalencana Karya Satya XXX Tahun yaitu Prof. Dr. Sutomo Kasiman (FK), Prof. Dr. Herman Hariman, (FK), Prof. Dr. Syahril Pasaribu (FK), Prof. Dr. Darwin Dalimunthe (FK), Prof. Dr. Sorimuda Sarumpaet (FK), Prof. Jamaran Kaban (FMIPA), Ir. Ali Umar (FT), Ainol Mardiah (TU FKM). Selanjutnya Penerima Satyalencana Karya Satya XX Tahun antara lain M. Husni, M.Hum (FH), Ir. Tugiman, MT (FT), Edy Ikhsan, M.Hum (FH), Nurmalawaty, M.Hum (FH), Dra. Hj. Zakiah, M.Pd (FH), Dra. Hj. Zakiah, M.Pd (FH), Dr. Suwarto, MH (FH), dr. Surya Dharma, MPH (FKM), Ir. Nurhasmawaty Pohan, MT (FT), Latifa, SH (FH), Drs. Robinson (Fisip), Dr. Indera, M.Hum (FS), Liza Erwina, M.Hum (FH), Dr. Ningrum Nathasya (FH), Syafruddin, MH (FH), Syamsul Rizal, M.Hum (FH), Amrizal, SH (TU Fisip), Edy Murya, SH FH), Abul Khair, SH ( FH), Zulkarnain Mahfudz, SH, CN (FH), M. Ridho H (TU Fisip), Sri Rahayu (TU FH).

 

Selanjutnya Penerima Satyalencana Karya Satya X Tahun adalah Mirza Nasution, SH, Mum (FH), Mohammad kaputra SH, M.Hum (FH), Amsali Syahputra Sembiring, SH, M.Hum (FH) Rektor juga mengumumkan peraih ADHIKARA REKAYASA PERAK dalam ajang PII Award Tahun 2010 diberikan kepada Srd. Ir. Terip Karo-Karo, MS tenaga pendidikan Program Studi Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian USU. Selain itu diumumkan juga mahasiswa berprestasi (mawapres) tingkat USU, yaitu sebagai Mawapres 1 Moyang Kasih Dewimerdeka dari Psikologi, Fitraih Sari dari Fakultas Kedokteran sebagai Mawapres 2 dan Dwi Utomo dari FISIP sebagai Mawapres 3.

 

Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei ini bertemakan Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa dengan Subtema Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti. Dengan tema tersebut diharapkan pendidikan berbasis karakter kita jadikan sebagai gerakan nasional, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Perguruan Tinggi , termasuk di dalamnya pendidikan nonformal dan informal. (vie)

PetaIkonikUSU