Rektor USU Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTMH&H, MSc (CTM), Sp.A(K) ?mewisuda para lulusan USU selama tiga hari berturut-berturut (25, 26 dan 27 April 2011) di Gedung Auditorium USU. Lulusan USU yang diwisuda sebanyak 1.971 orang wisudawan/wisudawati yang telah merampungkan pendidikannya di Universitas Sumatera Utara antara bulan Januari hingga April 2011. Lulusan yang telah di wisuda kali ini terdiri dari 217 orang lulusan Program Pasca Sarjana, 1 orang Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 32 orang Program Pendidikan Spesialis, 22 orang Program Dokter Jenjang Magister, 272 orang Pendidikan Profesi, 1.241 orang dari Program Sarjana dan 186 orang Program Diploma. Diantara wisudawan/wisudawati tersebut yang paling menonjol prestasinya sebanyak 1.270 orang dan mereka dapat menyelesaikan Program Doktor, Program Magister dibawah 3 tahun, Pendidikan Profesi dibawah 3 tahun, Program sarjana di bawah 6 tahun, serta di bawah 4 tahun untuk Program Diploma.

 

Rektor dalam sambutannya mengatakan pasca diundangkannya PP Nomor 66 Tahun 2010 tentang pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan yang disusul dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, maka USU telah menyikapinya dengan melaksanakan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Menurut ketentuan ini, porsi daya tampung pada universitas negeri untuk jalur SNMPTN adalah sebesar 60%.

 

Lebih lanjut Rektor menyebutkan bahwa USU sebagai panitia lokal telah pula memberikan dukungan bagi terselenggaranya SNMPTN yang diawali dengan Seleksi Jalur Undangan dimana proses seleksinya sedang berlangsung saat ini. Panitia pusat menjadwalkan akan mengumumkan hasil seleksi jalur undangan ini pada tanggal 18 Mei 2011 mendatang. Sebagai program nasional, SNMPTN merupakan seleksi bagi calon mahasiswa baru untuk program reguler dengan biaya pendidikan bersubsidi. Bersamaan dengan SNMPTN Jalur undangan ini telah pula terintegrasi di dalamnya Program Bidik Misi yang secara khusus diperuntukkan beasiswa bagi siswa yang memiliki potensi akademik memadai namun kurang secara ekonomi. Bagi mahasiswa yang diterima pada program ini, pemerintah melalui USU akan menyediakan bantuan pendidikan sebesar Rp. 12 juta/tahun/mahasiswa selama 8 semester. Untuk selanjutnya, USU akan melaksanakan SNMPTN Jalur Ujian Tertulis yang pendaftarannya dilakukan secara online dimulai pada tanggal 2 sampai 24 Mei 2011 dan ujian tulisnya dijadwalkan terlaksana pada tanggal 31 Mei dan 1 Juni 2011 mendatang.(vie)

PetaIkonikUSU