Universitas Sumatera Utara mengadakan Program Matrikulasi bagi mahasiswa baru Jalur Undangan dan Jalur Bidik Misi Tahun Ajaran 2011/2012 pada Senin (13/6). Bertempat di Gedung Auditorium USU, program Matrikulasi tersebut digelar mulai dari 14 Juni sampai 6 Juli 2011 diikuti oleh 1364 orang peserta (762 orang dari IPA dan 602 orang dari IPS) dengan jumlah staf pengajar 120 orang.

 

Dalam acara Pembukaan tersebut Pembantu Rektor III Prof. Eddi Marliyanto yang mewakili Rektor USU mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru yang diterima lewat jalur undangan tersebut. “Harapan saya dengan diadakannya program ini dapat lebih mengenalkan mahasiswa baru dengan sistem dan proses belajar yang ada di USU yang sama sekali berbeda dengan masa mahasiswa di SMA dulu ” ujarnya. Dan untuk selanjutnya beliau mengingatkan agar tidak larut dalam euforia lolosnya mereka diterima di USU. “Teruslah belajar dengan kesungguhan dan kemampuan yang maksimal karena masing-masing mereka nantinya akan dievaluasi setiap tahun dengan nilai akademik yang dicapai, dengan persaingan era ini yang semakin ketat tentunya menuntut kesiapan dan kesungguhan tersebut, apalagi mereka adalah yang terbaik dari sekolahnya masing-masing“, katanya sekaligus mengakhiri dan membuka Progam Matrikulasi itu.

 

Faiza Ilhami salah seorang mahasiswa yang lulus di Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur juga mengharapkan bimbingan dan arahan selama masa kuliah mereka nanti. “Masa 4 tahun adalah masa dimana kita menunjukkan eksistensi dan kesungguhan kita untuk terus belajar, dan saya mengajak teman-teman semua dapat bersama-sama menaati dan mengikuti segala arahan dan bimbingan dari pembimbing di USU, bisa memperbaiki kesalahan adalah salah satu dari tuntutan tersebut", ujarnya.

 

Sementara itu Ketua Panitia Dr.Hamonangan Nainggolan, M.Si, yang juga Kepala UPT PP LIDA USU, menyebutkan kegiatan ini nantinya dimulai dengan Pra Test yang bertujuan memberi kesamaan pemahaman dan penguasaan materi karena asal sekolah yang berbeda dan selanjutnya diakhiri dengan Post Test di fakultas masing-masing yang tujuannya melihat dan mengevaluasi sampai sejauh mana penguasan materi itu diserap oleh seluruh peserta Program Matrikulasi. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan dan staf pengajar dari seluruh fakultas di lingkungan USU. (humas)

PetaIkonikUSU