Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menggelar Lokakarya Evaluasi Kurikulum Program Sarjana (S1) di Aula FMIPA Unit I FMIPA USU Sabtu (23/7).

 

Dekan FMIPA Dr. Sutarman, M.Sc., yang didampingi oleh Pembantu Dekan I Dr. Marpongahtun, M.Sc., Pembantu Dekan II Drs. Nursal, M.Si., dan Pembantu Dekan III Drs. Kerista Sebayang, M.S. mengatakan bahwa kegiatan tersebut diadakan demi merespon perubahan paradigma pendidikan tinggi yang terjadi saat ini dan acara ini dan juga merupakan salah satu dari rangkaian acara memperingati Dies Natalis ke-59 Universitas Sumatera Utara yang jatuh pada 20 Agustus 2011 nanti.

 

Dalam laporannya, Dr. Salomo Hutahaean selaku Ketua Panitia Evaluasi Kurikulum menyampaikan bahwa proses evaluasi kurikulum di Departemen Biologi FMIPA USU telah berjalan secara formal sejak tanggal 14 Juni 2011. Tiap-tiap bidang minat telah melakukan pertemuan-pertemuan kelompok untuk mengevaluasi mata-mata kuliah di kelompok masing-masing, dipimpin oleh guru besar di kelompok tersebut. Pada kurun waktu yang sama, tracer study juga telah dilakukan, untuk memperoleh pendapat dari para stakeholders, terutama alumni Program Studi Biologi yang saat ini jumlahnya sudah mendekati angka seribu orang. Acara lokakarya sendiri adalah puncak dari keseluruhan proses evaluasi kurikulum tersebut.

 

Kegiatan yang bertajuk "Lokakarya Evaluasi Kurikulum Program Sarjana (S1)" mengahadirkan pembicara antara lain Prof. Intan Ahmad, PhD (SITH-ITB), Dr. Donald Siahaan (PPKS), Taufik, S.Si, Arie Sartika, S.Si, dan Atika Afriani, S.Si serta diikuti oleh kurang lebih 100 orang peserta yang terdiri dari Dosen Biologi FMIPA USU, Mahasiswa S1, S2, dan S3 Program Studi Biologi, Pimpinan Fakultas MIPA USU, Pimpinan Departemen di Lingkungan FMIPA USU, dan Undangan stakeholder dari berbagai lembaga pengguna lulusan, serta dari institusi Pemerintah seperti Depkes, Deptan, Prodia, LSM lokal, Balai Karantina Pertanian, YLI, YEL, OIC, dan peserta perseorangan. Kegiatan di tutup penyerahan Rekomendasi Hasil Revisi Kurikulum dari Tim Perumus kepada Ketua Departemen. (vie)

PetaIkonikUSU