Universitas Sumatera Utara kembali menggelar acara Seminar Ilmiah (SI-DIES 2011), Rabu (20/7). Dengan tema “Melalui Dies Natalis ke-59 USU kita tumbuh kembangkan nilai-nilai kecendikiawanan dan perilaku beretika” seminar tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka Dies Natalis ke-59 Universitas Sumatera Utara yang kali ini diadakan di gedung Biro Rektor USU Kampus Padang Bulan, Medan. Diikuti oleh para peneliti penerima research grant, baik dari DIKTI, USU, industry, Pemda, praktisi, dan konsultan maupun sumber lainnya dengan jumlah pemakalah seluruhnya 71 orang yaitu 36 orang dari Science, 12 orang dari Humaniora, dan 25 orang dari Engineering, dari seluruh peserta yang berjumlah 137 orang. Seminar itu sendiri menampilkan penelitian terbaru ataupun karya inovatif dari para peneliti/dosen muda, para mahasiswa (S1, S2 dan S3), dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu dan sains, teknik, dan humaniora.

 

Dalam sambutannya Pembantu Rektor I Prof. Zulkifli Nasution menyebutkan bahwa seminar ilmiah seperti ini sangat bagus dilakukan sesering mungkin, apalagi bagi lingkungan akademik diluar negeri hal ini sudah jamak sekali. “Kalau bisa kegiatan tersebut USU juga dapat melakukannya, paling tidak 2 atau 3 kali dalam sebulan” harapnya. Dan beliau terkesan didalam seminar kali ini cukup banyak diikuti oleh para peneliti, dan berharap sebarannya lebih banyak lagi. Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, MSME., sebagai ketua panitia acara seminar SI-DIES 2011 mengatakan bahwa tim ‘reviewer' akan mengevaluasi kembali seluruh penelitian dan akan dimasukkan ke dalam prosiding SI-DIES 2011 bagi beberapa makalah yang dinilai layak oleh tim.

 

Dengan Keynote Speaker Prof. Dr. Hiroomi Homma (ICCEED TUT Japan/Visiting Professor Faculty of Engineering USU) SI-DIES 2011 kali ini mengemukakan topik-topik yang beragam antara lain: Light and Heavy Structure Assessment, Impact and Fracture Mechanics, Polymer and Composite Materials, Polymeric Foam, High Rate Impact Forming, Noise and Vibration, Ergonomic Design and Structure, Architecture and Design, Behavioral Science, Biomedical and Life Sciences, Business and Economics, Chemistry and Materials Science, Computer Science, Earth and Environmental Science, Humanities Social Sciences and Law, Mathematics and Statistics, Medicine, Psychology, Physics, and ICT.

 

Hasil seminar ilmiah dari SI-DIES 2011 itu nantinya akan dipublikasikan dalam bentuk ‘hardcopy’ (prosiding SI-DIES 2011), dan ‘softcopy’ –nya akan di-upload di USU Open Courseware (www.usu.ac.id dan www.library.usu.ac.id). (vie/humas)

PetaIkonikUSU