Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Syahril Pasaribu berkunjung ke beberapa tempat yang dijadikan lokasi Ujian Masuk Bersama (UMB) yang dilaksanakan Sabtu, (09/07). Dalam kunjungan tersebut Rektor didampingi oleh Ketua Panitia Ujian Masuk Bersama Prof. Zulkifli Nasution yang juga Pembantu Rektor I USU beserta para Pembantu Rektor lainnya seperti Pembantu Rektor II Prof. Armansyah Ginting, Pembantu Rektor III Prof. Eddy Marlianto, Pembantu Rektor IV Prof. Ningrum Natasha Sirait dan Pembantu Rektor V Ir. Yusuf Husni.

 

Lokasi ujian yang dikunjungi antara lain SMA Darma Pancasila jalan Dr. Mansur, SMA Bayangkari jalan Wahid Hasyim, Perguruan Don Bosco Jalan. S. Parman dan Fakultas Psikologi USU jalan Dr. Mansur. Selama kunjungan berlangsung, pelaksanaan ujian berjalan dengan baik dan lancar. Rektor berharap situasi ini dapat berjalan dengan baik dan seperti yang diharapkan sampai selesainya ujian.

 

Tahun ini peserta UMB-PT berjumlah 14.039 orang dengan perincian dari jumlah peserta yang telah melakukan pembayaran biaya ujian tersebut terdiri dari kelompok IPA 5.845 orang, kelompok IPS 4.657 orang, dan kelompok IPC 3.537 orang peserta. Seluruh peserta akan mengikuti ujian tulis ini selama satu hari saja yang diawali dengan materi Tes Nalar Sains untuk kelompok peserta IPA dan IPC (sesi pertama), kemudian untuk sesi kedua dimulai pukul 10.00-12.00 WIB dengan materi yang akan diujikan Tes Nalar Matematika dan Bahasa yang diikuti oleh kelompok peserta IPA, IPS dan IPC. Sedangkan pada sesi ketiga akan diujikan materi Tes Nalar Ilmu Sosial dimulai pukul 12.45-14.15 WIB yang diikuti oleh kelompok peserta IPS dan IPC.

 

Melalui ujian UMB-PT yang diikuti oleh 12 Perguruan Tinggi di Indonesia ini akan diseleksi sebanyak ±2.638 mahasiswa baru USU untuk program regular serta program mandiri, dengan rincian ±1.393 untuk program regular dan ±1.245 untuk program mandiri. (vie)

PetaIkonikUSU