Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, MSc(CTM) Sp.A(K) melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Matauli Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng) Kamis (15/09) lalu. Dalam ceramahnya di depan para pelajar SMAN Matauli, beliau mengingatkan agar para siswa terus belajar tanpa henti. "Jangan berhenti belajar, hidup tak lepas dari belajar, bahkan hadist Nabi Muhammad SAW menyebutkan, belajarlah sampai ke negeri China," kata Rektor.

 

Rektor yang lahir di Sorkam ini mengatakan tantangan ke depan lebih berat dan persaingan makin tajam khususnya dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu beliau mengingatkan para murid dan guru untuk tidak cepat putus asa. Diakuinya, kualitas pendidikan SMAN Matauli sangat baik, hal itu terlihat dari laporan kepala sekolah yakni 30 persen siswanya masuk PTN. Untuk itu ke depan Rektor meminta agar ke depan 50 persen lulusan SMAN 1 Matauli dapat lulus di PTN.

 

Dalam kesempatan itu Rektor yang juga sebagai putra Tapteng meminta Wakil Bupati dapat membangun SMP-SMP unggulan di seluruh kecamatan, sehingga ke depan nantinya seluruh anak-anak di daerah dapat masuk ke SMAN 1 Matauli. "Selama ini sudah banyak berganti Bupati di Tapteng, dan belum ada perubahan yang signifikan. Saat ini yang memimpin anak kampung sendiri, cobalah diubah nasib anak bangsa yang tinggal di Tapanuli. Janji Pak Syukran (Wakil Bupati ) harus ditagih. Kalau dalam menjalankan visi dan misi pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah ada yang bengkok diluruskan," ujarnya. Soal kemajuan SMAN 1 Matauli, Rektor mengingatkan agar Pemkab Tapteng harus membantu mendukung sepenuhnya sehingga ke depan akan semakin lebih maju lagi. 

 

Dalam kesempatan itu Rektor menyebutkan USU sudah memiliki, 13 fakultas dan salah satu program studi yang baru dibuka serta memiliki prospek yang baik, D3 Metrologi. Program studi ini dibuka untuk mengatasi kekurangan SDM penera timbangan. Disamping itu Rektor juga menjelaskan bahwa USU saat ini berada di peringkat 6 terpopuler di Indonesia, kemudian 91 di dunia dan di Pulau Sumatera paling baik, sedangkan untuk content website (Open Course Ware), USU meraih penghargaan sebagai The Best New Site oleh OCW Consortium yang berpusat di US. Rektor mengingatkan kepada para pelajar untuk belajar dengan sungguh-sungguh karena tantangan ke depan khususnya di bidang teknologi informasi akan semakin sulit," katanya.

 

Kemudian dalam menyikapi banyaknya peserta yang tidak lulus dalam seleksi ujian masuk ke USU dimana dari 54 ribu mendaftar yang lulus hanya 8 ribu, Rektor berharap selama 5 tahun kepemimpinan pasangan Bonaran-Syukran agar dapat menyikapinya dengan menyiapkan perguruan tinggi yang baik di Tapteng untuk menampung tingginya minat belajar warga Tapteng.

mata1

Kepala SMA N 1 Matauli Sumartono dalam laporannya antara lain menyatakan saat ini 67 siswa tahun ini lulus ke PTN di antaranya USU, sementara alumni sudah mencapai 3.000 orang dan sudah menyebar ke berbagai pelosok Indonesia dan saat ini merupakan angkatan ke 17. Sekolah yang digagas oleh Jenderal (purn) Feisal Tandjung dan tokoh nasional Akbar Tandjung dengan jumlah siswa 758 sudah termasuk program RSBI. Pihaknya saat ini sangat berorientasi pada kualitas dan diharapkan lulusan SMA ini dapat terbagi habis lulus di PTN. Sementara Wakil Bupati H. Syukran J. Tanjung dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya bersama Bupati Bonaran Situmeang dalam visi dan misinya antara lain akan meningkatkan kualitas pendidikan dan rakyat bermartabat. Oleh karena itu salah satu upaya Pemkab Tapteng adalah memajukan kualitas SMAN 1 Matauli seraya berharap kiranya USU dapat membantu kemajuan SMAN 1 Matauli. Turut hadir dalam rombongan rektor adalah Pembantu Rektor I Prof. Zulkifli Nasution, Pembantu Rektor V Ir. H. Yusuf Husni, Ketua LIDA USU Dr. Hamongan Nainggolah, para staf USU, Sekda Sibolga Drs. H. Moch. Sugeng. (vie/humas)

PetaIkonikUSU