Rektor USU Prof. Syahril Pasaribu memimpin acara penyambutan mahasiswa baru USU Tahun Ajaran 2011-2012 di Stadion Mini USU Jl. Tri Dharma Kampus USU Medan, Kamis (08/09). Lebih dari sembilan ribu mahasiswa baru USU menghadiri kegiatan tersebut. Dalam kesempatan itu Rektor memakaikan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru USU dari 13 fakultas untuk tahun akademi 2011-2012. Mahasiswa baru tersebut berasal dari fakultas Kedokteran, Hukum, Pertanian, Teknik, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Ilmu Budaya, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Psikologi, dan Keperawatan.

 

Selain menyambut mahasiswa baru USU, kegiatan dilakukan bersamaan dengan sosialisasi "manggadong" atau makan ubi bersama. Manggadong merupakan tradisi yang berasal dari suku Batak Tapanuli yang menerapkan aturan memakan umbi-umbian sebelum memakan nasi. Kegiatan manggadong sendiri diikuti sekitar 18.000 peserta yang terdiri dari mahasiswa 13 fakultas USU dan 5 PT lainnya serta siswa baru dari 5 SMA dan SMK yang ada di kota Medan.

 

Manggadong di selenggarakan oleh Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemrov Sumut) yang bekerjasama dengan perguruan tinggi dan sekolah-sekolah yang ada di kota Medan. Upaya Pemprovsu ini menghasilkan rekor MURI untuk kategori peserta terbanyak makan ubi jalar atau manggadong dengan peserta 18.829 orang. Rekor tersebut memecahkan rekor sebelumnya di Sulawasi Tengah dengan jumlah peserta 10.279 orang. Peserta rekor ini terdiri dari mahasiswa baru USU sebanyak 7.500 orang, kemudian dari universitas swasta terdiri dari Dharma Agung, Khatolik Santo Thomas, Sekolah Tinggi Kesehatan Sumut, Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian, Badan Perguruan Nasrani Medan, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Panca Budi dan Al-Azhar lebih kurang 3.200 orang. Selanjutnya, dari Yayasan Pendidikan Perguruan Amal Bakti sebanyak 4000 orang yang tersebar di berbagai titik lokasi serta diikuti juga siswa dari SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 4, 5, 7. Kemudian SMKN 9 Medan, SMA Raksana, SMA Kalam Kudus, SMP, NU, SMA Al Fatah dengan jumlah total 9.500 orang.

 

Plt Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pudjonugroho menyambut baik acara manggadong yang merupakan tradisi luhur sebagai kearifan lokal masyarakat Tapanuli yang mendahulukan makan umbi-umbian terutama ubi jalar dan langkah kedepan dapat diperkaya dengan ubi kayu, talas, jagung, pisang dan lainnya sebelum mengonsumsi nasi. Sosialisasi manggadong ini menurutnya dipandang sangat strategis karena sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan disamping upaya memacu peningkatan produksi pangan. Terlebih lagi dengan adanya ancaman perubahan iklim yang berdampak kepada ancaman ketahanan pangan di dunia, maka kegiatan ini patut menjadi perhatian kita bersama.

 

Dikatakan, dengan pemecahan rekor juga sebagai dampak berkurangmya lahan persawahan di Sumut sehingga berdampak kepada kurangnya produki beras dan harus dicarikan makan pokok alternatif seperti ubi.

 

Hadir selain Rektor USU dan Plt Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, yaitu Walikota Medan, Rahudman Harahap, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Wisjnu Amat Sastro, Kadis Infokom, DR. H. Asren Nasution, Para Pembantu Rektor USU serta para Dekan di lingkungan USU. (vie/humas)

PetaIkonikUSU