Semangat Proklamasi 17 Agustus juga dirasakan oleh segenap sivitas akademik Universitas Sumatera Utara. Semangat ini ditunjukkan dengan terlaksananya upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-66 yang berlangsung pada Rabu tanggal 17 Agustus 2011. Upacara peringatan tersebut berlangsung di halaman depan gedung BPA (Biro Pusat Administrasi). Pada upacara peringatan tersebut Rektor USU Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu DTM&H, M.Sc.(CTM) Sp.A(K), berkenan secara langsung menjadi Pembina Upacara.

 

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 66 ini berlangsung dengan penuh khidmat yang bertemakan “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup Dalam Kebhinekaan Untuk Kekokohan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia Dalam Forum ASEAN, Untuk Kekokohan Solidaritas ASEAN.\

 

Pada upacara tersebut Rektor dengan lugas membacakan Sambutan Gubernur Sumatera Utara yang menyatakan “Sebagai bangsa yang bermartabat, sudah sepantasnyalah kita tidak melupakan pengorbanan dan jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan tersebut. Beliau juga menyampaikan “sungguh istimewa, pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, bertepatan jatuh pada 17 Ramadhan yang juga bersamaan dengan proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus tahun 1945 silam.

 

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Utara melalui Rektor USU mengingatkan “Harus dapat dipahami dan disadari, bahwa saat ini kita berada pada era baru, dimana masyarakat menuntut adanya perubahan pada birokrasi, dan adanya tata kelola pemerintahan secara lebih baik atau GOOD GOVERNANCE. Peringatan HUT RI ke 66 tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan mulai dari para Pembantu Rektor, para Dekan hingga ketua Program Studi/Departemen serta mahasiswa. Pada upacara tersebut atas nama Presiden RI, Rektor menyematkan tanda anugrah Satyalencana Karya Satya untuk masa pengabdian 10, 20 dan 30 tahun kepada Dosen dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Universitas Sumatera Utara.

 

Masih dalam kesempatan yang sama Rektor juga memberikan penghargaan kepada Dosen Berprestasi I, II, dan III untuk tingkat universitas dan memberikan penghargaan kepada pemenang lomba Pemeliharaan Infra Struktur dan Fasilitas di Lingkungan USU yang telah dilaksanakan sebelumya yang juga merupakan bagian dari kegiatan peringatan Dies Natalis USU yang ke 59 . (humas)

PetaIkonikUSU