Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) USU berhasil meraih peringkat ketiga di ajang National Medical Challenge 2011 yang diadakan di Universitas Airlangga Surabaya, pada 11-16 Oktober 2011 yang lalu. Fakultas Kedokteran USU mengirimkan lima tim diantaranya Yoan Utami Putri , M. Ikhsan, Juan CRN Marbun (tim A) Uchti Akbar, Hafiz Syaifullah, Nindi Lizen (tim B), Natanael Sinaga, Nata Nakamura, Wawan Harimawan H ( tim C), Imy Ginting, Shalini Shanmugalingam, Winson Chitra (tim D), Prawira B Putra, Rizki Anindita P. Matondang, dan Citra Aryanti (tim E).

 

Kegiatan yang mengambil tema “Aplikasi Tridarma perguruan Tinggi Sebagai upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Kedokteran Indonesia“ ini diikuti oleh 24 peserta dari 14 universitas seluruh Indonesia. National Medical Challenge yang dilaksanakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) itu bertujuan membangkitkan semangat pendidikan di kalangan mahasiswa kedokteran Indonesia. Mencari bakat–bakat dari pelajar dalam bidang sains kedokteran, sebagai wahana pengembangan skill, pembentuk pelajar unggul sebagai agent of change, agent of development and agent of health di era globalisasi.

 

Menurut salah seorang peserta dari USU, seleksi yang dilakukan oleh panitia cukup ketat. pelaksanaan olimpiade dilaksanakan per kelompok, dimana satu kelompok (tim) terdiri dari 3 orang. Kemampuan yang diperlombakan adalah kemampuan teoritis individual yang terdiri dari 100 soal (benar +4 , salah -1), cerdas cermat per tim, ujian kasus per tim, ujian ketrampilan medis individual dan per tim serta penyuluhan kesehatan pada siswa Sekolah Dasar.

 

Kemampuan teoritis individual merupakan seleksi awal masuk ke babak semifinal. Pada seleksi ini, 2 tim FK USU, berhasil lolos ke babak semifinal. Selanjutnya untuk melaju ke babak final, setiap tim melaksanakan penyuluhan kepada siswa Sekolah Dasar. Tim A FK USU berhasil masuk ke babak final bersama 2 tim dari UNAIR, UNBRAW dan UMY. Pada babak final, masing-masing tim diberi kesempatan untuk mempresentasikan contoh kasus dalam waktu 5 menit yang berisikan penegakkan diagnose, menjelaskan patofisiologi, menentukan pemeriksaan penunjang, menyusun penatalaksanaan dan merencanakan monitoring planning. Akhir penjurian, tim A FK USU yang terdiri dari Yoan Utami Putri, M.Ikhsan dan Juan C.R.N Marbun berhasil meraih peringkat ketiga. Semoga pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berprestasi (vie/fk)?

PetaIkonikUSU