Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU memperingati Dies Natalis yang ke-46 sekaligus peresmian pemakaian nama fakultas baru dari Fakultas Sastra menjadi Fakultas Ilmu Budaya, Sabtu (3/12) di gedung T. Amin Ridwan Kampus Fakultas Ilmu Budaya USU. Acara yang mengusung tema "Kecerdasan Intelektual Berbasis Budaya" tersebut dihadiri oleh Pembantu Rektor II USU Prof. Armansyah Ginting yang mewakili Rektor USU, Dekan FIB Dr. Syahron Lubis, MA, para Dekan di lingkungan USU, pejabat di lingkungan FIB, Alumni FIB serta para undangan lainnya dengan mendengarkan orasi ilmiah oleh Dr. M. Takari, M.Hum yang membicarakan tentang perubahan nama fakultas dan konsepnya budaya ke depan.

 

Dekan FIB, Dr. Syahron Lubis, MA menjelaskan tentang tema yang diusung "Kecerdasan Intelektual Berbasis Budaya" yang merupakan arti agar semua orang yang sedang berada dimana saja boleh memiliki kepintaran maupun pekerjaan, tapi tidak melanggar basis-basis budaya. Ditambahkan Dekan yang didampingi oleh Ketua Dies Natalis FIB USU Dr. Ridwan Hanafiah, Ketua Panitia Pelantikan Alumni FIB H Muhammad Affan, Dies Natalis tahun ini kembali dilaksanakan setelah sempat vakum selama lima tahun.

 

Menurutnya, kalau bukan dari internal fakultas, siapa lagi yang akan mengingat fakultas ini untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa Fakultas FIB masih eksis. Mengenai pengalihan nama fakultas, menurutnya dimaksudkan agar dapat menjadi payung kepada lulusan dari beberapa departemen. Karena sejauh ini gelar yang diberikan kepada alumni dinilai kurang tepat. Seperti lulusan dari Departemen Sejarah, Etnomusikologi, Ilmu Perpustakaan akan memperoleh gelar Sarjana Sastra (SS). Tetapi diharapkan dengan peralihan nama ini para lulusan bisa disandangkan dengan Sarjana Humaniora (SHum). Fakultas Sastra USU merupakan Universitas Negeri terakhir yang mengubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Budaya setelah beberapa Unversitas Negeri lainnya. Seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro dan Universitas Brawijaya.

 

Sebelumnya, rangkaian acara telah digelar untuk menyambut Dies Natalis tahun ini yang sudah mulai digelar sejak 13 Oktober 2011 seperti seminar regional dan nasional, pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan pada 1 Desember 2011 dengan mengunjungi Panti Rehabilitasi Narkoba di Berastagi untuk membagikan buku kepada panti tersebut. Gerak jalan santai untuk civitas akademika FIB, bazar dan pameran pada jumat (2/12). Serta puncak acara malam silaturahmi sekaligus pelantikan pengurus Alumni Fakultas Ilmu Budaya USU pada Sabtu malam (3/13). Pada kesempatan tersebut turut hadir sebagai undangan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho, Konjen China di Medan Mrs. Yang Lingzhu guna memeriahkan malam silaturahmi alumni yang diketuai H. Muhammad Affan, SS yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumut. (vie)

PetaIkonikUSU