Sebagai upaya mengenal ilmu kewirausahaan, perwakilan mahasiswa USU di bawah koordinasi Cikal USU menggelar studi ekskursi di Bank Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Bank Indonesia, Kadin Sumut dan Bank Sumut itu diharapkan mampu menggiring cara berfikir mahasiswa USU menuju jalan wirausaha dibandingkan menjadi pekerja di sebuah perusahaan ataupun instansi.

 

Hal itu disampaikan Ketua Tim Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Regional I Sumut-NAD, Mikael Budi Satrio saat memaparkan ke sejumlah mahasiswa mengenai program kewirausahaan di Bank Indonesia Medan, dalam tajuk “Studi Ekskursi Kerjasama Bank Indonesia Medan dengan Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi Cikal USU, di Bank Indonesia Medan, Selasa (29/11).

 

Menurut Mikael dengan berwirausaha akan memberikan banyak manfaat dan dampak positif diantaranya mampu menyerap pegawai dari usaha yang dibangun. Hanya saja untuk menjadi seorang usahawan, harus berani melakukan hal-hal baru dan tidak ragu mengambil risiko. Karena bagaimanapun seorang wirausahawan harus dituntut menghadirkan ide-ide cemerlang sehingga usahanya berhasil berkembang dan maju.

 

Mikael menyebutkan berdasarkan data yang diperoleh hingga awal 2011, sebanyak 400 ribu orang yang tidak memiliki kerja alias pengangguran di Sumut. Tentunya angka ini tergolong besar dan butuh perhatian khusus oleh pemerintah. Dengan begitu untuk membantu program pemerintah mengurangi angka tersebut peran wirausaha sangat diperlukan sekali. “Kita membutuhkan para mahasiswa sebagai generasi muda yang berani memilih jalan wirausaha dan nantinya bisa mengurangi jumlah pengangguran di Sumut,” jelasnya.

 

Sementara Ketua Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi Cikal USU, Prof. Ritha F. Dalimunte mengaku kondisi di lapangan masih sedikit sekali tenaga yang fokus di dunia wirausaha. Melalui studi ekskursi di Bank Indonesia ini, sambung Rita, diharapkan bisa menjadi masukan penting dan memberi pengaruh besar bagi mahasiswa menuju dunia wirausaha. Menurut Ritha alasan kegiatan dilakukan di Bank Indonesia, Kadin Sumut dan Bank Sumut ini guna memperkenalkan arti sebuah bank bagi seorang wirausaha. “Sebab mau tidak mau, cepat atau lambat pasti pengusaha akan bersinggungan dengan bank. Tidak hanya untuk menyimpan uang saja, namun bank juga mempunyai fungsi guna memperoleh pinjaman modal demi menjadi seorang wirausaha muda,” urainya. (vie)

PetaIkonikUSU