Medan-USU: Rektor USU Prof DR Runtung SH MHum didampingi Dekan FISIP Dr Muriyanto Amin MSi melepas keberangkatan Dean Pintauli Siringoringo (mahasiswa penyandang disabilitas) untuk ikuti ajang olah raga Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) XV di Jawa Barat. Dean Pintauli merupakan mahasiswi FISIP USU angkatan 2015 penyandang disabilitas (tuna netra) namun memiliki prestasi gemilang dibidang olah raga dalam cabang Renang. Saat ini dia tengah siap berangkat untuk mengikuti ajang olah raga bagi penyandang disabilitas tersebut. Even olah raga ini akan berlangsung mulai tanggal 15 sampai dengan 25 Oktober 2016. Demikian disampaikan Humas USU Bisru Hafi SSos MSi selepas mengikuti acara pelepasan pembrangkatan tersebut di kampus USU kemarin (Selasa, 11/10).

Paralympic 1Pada kesempatan tersebut Dean juga didampingi oleh Ketua dan Sekretaris Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial Khairani dan Mastauli Siregar menjelaskan berbagai persiapan yang telah dilakukannya dalam menghadapi perlombaan olah raga cabang Renang pada ajang PEPARNAS XV kepada Rektor USU. Dituturkan Dean kepada Rektor, “Tahun 2015 lalu pemecah rekor waktu tercepat atau pemegang medali Emas dalam nomor 50 Meter gaya bebas adalah 45 detik.

 

Sementara saya ketika latihan persiapan akhir mampu menyelesaikannya hanya dalam waktu 35 detik saja”, sehingga berpotensi untuk meraih medali emas untuk tahun ini”, ungkap Dean. Sementara itu Rektor juga menerima Fernando Edianto yang merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi FISIP USU yang berhasil meraih prestasi pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX yang berlangsung baru-baru ini di Jawa Barat.

Paralympic 3Pada cabang Karate, Fernando berhasil meraih Medali Perunggu setelah bersaing ketat dengan beberapa peserta dari daerah lainnya seperti Jawa Timur yang memperoleh medali Perak dan Sulawesi Selatan memperoleh medali Emas. “Bukan hanya meraih medali Perunggu dalam PON XIX kemarin saja, Fernando di tahun 2016 ini juga meraih Medali Emas pada ajang internasional di Thailand Open Bangkok, dan meraih medali Perak dalam ajang Kejuaraan Nasional Karate Piala KASAD di Jambi ”, ungkap Dekan FISIP USU Dr Muriyanto Amin.

 

Selaku Rektor USU Prof Runtung memberikan apresiasi terhadap prestasi yang telah diperoleh para mahasiswanya tersebut. “Kami ucapkan terimakasih kepada anak kami (mahasiswa USU/red) yang telah mendapatkan prestasi ini, karena salah satu penilaian yang penting dari peningkatan akreditasi, baik di tingkat Program Studi maupun Universitas adalah seberapa banyak mahasiswanya meraih prestasi dalam berbagai perlombaan ditingkat nasional maupun internasional. Jadi dapat dikatakan kalian ini adalah pahlawan-pahlawan untuk memperjungkan akreditasi universitas yang lebih baik lagi kedepan”, ungkap Prof Runtung ketika menyampaikan sambutannya dalam acara audiensi itu.

Paralympic 2Rektor USU juga menambahkan bahwa saat ini USU tengah merencanakan peningkatan dan mendorong kegiatan-kegiatan mahasiswa USU. “Untuk tahun mendatang ini kami berupaya meningkatkan anggaran bagi kegiatan mahasiswa USU, berikut juga dengan sarana dan prasarananya, sehingga nantinya kegiatan-kegiatan mahasiswa USU ini juga dapat menjadi sarana bagi promosi Universitas Sumatera Utara kepada pihak luar USU”, demikian ungkap Prof Runtung yang juga didampingi Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian Dra Hindun Pasaribu.

 

Sementara itu, Khairani selaku Ketua Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU menambahkan “berdasarkan capaian angka dalam latihan akhir tersebut, Dean berpotensi untuk mendapatkan Medali Emas dalam Cabang Olah Raga Renang pada PEPARNAS XV. Dalam perlombaan ini, Dean akan mengikuti 3 nomor sekaligus dalam cabang Renang yaitu, 50 Meter Bebas, 100 Meter Bebas dan 50 Meter Dada”, demikian ungkap Khairani dan Mastauli Siregar. (Humas/Andi).

PetaIkonikUSU