Dua orang mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) USU berhasil meraih dan mempersembahkan prestasi gemilang dengan meraih predikat juara I pada dua ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional. Masing-masing adalah Citra Aryanti yang berhasil membawa nama FK USU menjadi peringkat teratas dalam Lomba Esai Ilmiah Tingkat Nasional Scientific Fair 2011 FK UNDIP serta Marianto yang marih juara dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Forum Studi Ilmiah Mahasiswa (FSIM) 2011 FK UNLAM.

 

Mahasiswi FK USU, Citra Aryanti, mengirimkan karya tulis esai ilmiah yang berjudul “Injeksi Vaksin: Masa Depan Antihipertensi” sesuai dengan subtema lomba “Aplikasi perkembangan teknologi biomolekuler dalam bidang kedokteran dan kesehatan untuk mencegah, mengurangi dan mengendalikan Penyakit Kardiopulmoner di Indonesia”. Untuk itu, Citra berhasil meraih juara satu dengan mengungguli perwakilan UNDIP dan UI yang meraih peringkat II dan III.

 

Scientific Fair merupakan ajang akbar lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional yang diselenggarkan setiap tahunnya oleh FK UNDIP. Pada tahun ini, Scientific Fair mengusung tema “Reaching Healthy Cardiorespiratory System in the Modern Era”. Lomba karya tulis ilmiah yang diadakan adalah lomba artikel ilmiah, gagasan tertulis, esai ilmiah, dan poster ilmiah. Peserta lomba esai ilmiah perorangan dan dapat berasal dari seluruh kalangan mahasiswa maupun umum se-Indonesia.

 

Selain itu, tim delegasi dari FK USU juga berhasil meraih prestasi juga pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang diselenggarakan oleh Forum Studi Ilmiah Mahasiswa (FSIM) 2011 Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Sebelum reshuffle kabinet Oktober lalu, lomba ini mendapat dukungan penuh dari mantan menteri Lingkungan Hidup, Bapak Gusti Muhammad Hatta. Acara final lomba karya tulis dengan tema ”Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Bangsa” ini berlangsung pada tanggal 19-20 November 2011.

 

Peserta dari berbagai Universitas di Indonesia sebelumnya telah mengirimkan karya tulis ilmiah gagasan tertulis untuk kemudian diseleksi 3 finalis terbaik yang akan diundang untuk bertanding mempresentasikan karya tulis ilmiah mereka pada acara final di FK UNLAM. FK USU berhasil meloloskan 1 tim yang terdiri dari 2 orang delegasi sebagai finalis, Citra Aryanti dan Marianto dengan judul “Nanoenkapsulasi Epigalokatekin Galat Teh Hijau dengan Beta-Laktoglobulin Susu Sapi: Inovasi Kreatif Pemanfaatan Sumber Daya Alam Sebagai Agen Prevensi dan Terapeutik dalam Menghambat Progresivitas Penyakit Alzheimer”. Dalam kegiatan ini, Tim FK USU berhasil meraih juara I dengan menyisihkan finalis lain dari UNDIP dan UNLAM. (vie/fk)

PetaIkonikUSU