Sebanyak 35.591 orang peserta yang terdaftar pada Panitia Lokal USU akan mengikuti ujian tertulis SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2012 yang digelar besok (12 s/d 13 Juni). Untuk itu diimbau kepada seluruh peserta agar pada hari ini dapat melakukan peninjauan ke lokasi atau tempat dimana yang bersangkutan akan mengikuti ujian besok. Peninjauan ini penting dilakukan agar peserta dapat memperkirakan waktu tempuh menuju ke lokasi/tempat ujian. Disamping itu pada hari “H” peserta akan terhindar dari tersesat ke lokasi lainnya sehingga peserta tersebut tidak dapat mengikuti ujian di tempat yang seharusnya, bahkan dikhawatirkan peserta bisa terlambat karena belum mengetahui secara pasti dimana tempat dan ruangannya sebagimana yang sudah ditentukan.

 

Demikian pesan sekaligus penjelasan Ketua dan Sekretaris Panitia Lokal (Panlok) USU Prof. Ir. Zulkifli Nasution MSc., Phd., dan Ir. Saipul Bahri Daulay, MSi melalui Ka Humas USU Bisru Hafi, SSos., MSi disela persiapan pelaksanaan ujian tersebut di Kantor Panlok USU pada Sabtu (9/6). Dikatakannya, pada hari pertama pada pukul 07.30 WIB peserta sudah harus memasuki ruangan ujian untuk mengisi biodata dan pemeriksaan identitas. Hindari keterlambatan, karena bila peserta terlambat dari batas waktu yang ditoleransi panitia dapat berakibat peserta tersebut tidak dibenarkan untuk mengikuti ujian. Direncanakan Rektor USU Prof. Syahril Pasaribu juga akan melakukan peninjauan langsung kelokasi-lokasi dimana ujian SNMPTN berlangsung. Peninjauan ini kerap dilakukan setiap pelaksanaan ujian untuk memastikan bahwa ujian berlangsung dengan tertib dan lancar.

 

Panitia juga mengingatkan agar para peserta jangan sampai lupa membawa perlengkapan ujian seperti Kartu Bukti Pendaftaran (Kartu Peserta Ujian), Kartu Identitas Asli (KTP, SIM, Kartu Pelajar atau lainnya), Foto Copy Ijazah yang telah dilegalisir atau Tanda Lulus Asli, Pensil 2B dan Karet Penghapus secukupnya, serta peraut pensil jika diperlukan. Isilah biodata dan lembar jawaban ujian dengan teliti dan benar. Demi menjaga kenyamanan dalam mengikuti ujian, diminta kepada seluruh peserta untuk tidak membawa alat komunikasi atau perangkat elektronik seperti Telepon Genggam/HP dalam berbagai bentuk, kamera, alat hitung dan sebagainya ke dalam ruangan ujian. Jangan melakukan kecurangan, karena setiap kecurangan yang dilakukan akan merugikan peserta ujian sendiri.

 

Angka 35.591 merupakan jumlah peserta yang terdaftar di Panitia Pusat SNMPTN yang ikut ujian di Panlok USU dengan rincian 13.684 untuk kelompok IPA, 9.890 IPS, dan 12.017 IPC. Peserta tersebut akan mengikuti ujian tertulis pada 47 lokasi ujian yang tersebar di 3 Sektor. Sektor I IPC FKG USU dengan 16 jumlah lokasi ujian, Sektor II IPA Politeknik Medan dengan 17 lokasi, dan Sektor III IPS Perguruan Yaspendhar dengan 14 lokasi ujian.

 

Pengawas yang akan diturunkan untuk mengawasi pelaksanaan ujian tertulis ini sebanyak 3.600 orang yang terdiri dari 1.165 pengawas untuk kelompok IPC, 1.400 pengawas IPA, dan 1.045 pengawas untuk kelompok IPS. Diingatkannya, agar peserta jangan lupa sarapan pagi di rumah sebelum berangkat menuju ke lokasi ujian dan berdo’alah pada Tuhan Yang Maha Esa pada saat akan memulai ujian seraya bermohon agar berhasil dalam mengikuti ujian. Bila ada peserta yang sakit/opname di Rumah Sakit sehingga tidak bisa mengikuti ujian di lokasi yang telah ditentukan diminta agar secepatnya atau pada hari ini, keluarganya dapat melapor ke Kantor Panlok USU Jl. dr. T. Mansyur No 9-B Kampus USU dengan nomor telepon (061) 7509 6831 atau HP 0813 6036 3315 dengan membawa surat keterangan dari rumah sakit.

 

Sistem pengamanan pada Panlok USU akan mengerahkan seluruh kekuatan Satuan Pengamanan (Satpam) dan Menwa USU yang berkoordinasi dengan Polresta Medan. Seluruh lokasi/tempat ujian berlangsung berada dalam pengamanan Polisi, tegasnya. Selanjutnya dalam mengantisipasi hal yang dapat mengganggu kelancaran ujian khususnya menyangkut kesehatan, Panlok USU juga telah menyiapkan Tim Kesehatan dan mobil ambulan sebanyak 2 (dua) unit yang dipusatkan di Poliklinik USU. Untuk penggunaan layanan kesehatan ini dapat menyampaikannya terlebih dahulu ke masing-masing Koordinator Sektor.

 

Jadwal Pelaporan

Sementara itu bagi peserta yang telah diterima/lulus melalui SNMPTN Jalur Undangan di Universitas Sumatera Utara diwajibkan untuk malakukan pelaporan pada tanggal 12-13 Juni 2012 di Gelanggang Mahasiswa USU. Untuk jadwal dan syarat pelaporan dapat dilihat di www.usu.ac.id. (humas)

PetaIkonikUSU