Program Studi Magister dan Doktor Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Tantangan Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim Di Indonesia. Kegiatan bertujuan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Kegiatan yang dilangsungkan padal 2 Juni 2012 di Hotel Danau Toba Medan ini juga merupakan merupakan rangkaian acara memperingati Dies Natalis USU Ke-60.

 

Seminar yang dibuka oleh Ir. Sabrina (Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara) juga dihadiri oleh Prof. Dr. Zulkifli Nst, M. Sc (PR I Universitas Sumatera Utara) yang mewakili Rektor USU, Deputy Kementerian Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Ilyas Asaad MP MA, dan Byung, Hyo Jang CEO POSCO TMC dari Korea Selatan menampilkan Prof. Dr.Ir. Rokhmin Dahuri, MS (Guru Besar Kelautan dan Perikanan IPB) dan Amanda Katili Niode, Ph.D (Dewan Nasional Perubahan Iklim) sebagai pembicara utama.

 

Selain menampilkan sesi dua pembicara utama, kegiatan seminar ini juga dibagi dalam empat kelompak paralel guna pemaparan makalah-makalah pendukung. Terdapat 57 makalah pendukung dari kalangan akademisi, peneliti dan pemerhati lingkungan yang datang dari berbagai provinsi di Sumatera dan Jawa, antara lain Universitas Syah Kuala, Universitas Andalas, Universitas Tri Sakti, Institut Teknologi Bandung, dan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi. (vie/psl)

PetaIkonikUSU