BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan) Wilayah Sumut memberikan Kuliah Umum di Universitas Sumatera Utara. Kuliah Umum BPKP yang berjudul Pembekalan Dalam Rangka Pembentukan Badan Layanan Umum yang dibawakan oleh Ayi Riyanto selaku BPKP Perwakilan Wilayah Yokyakarta di ruang Senat Lt.3 Biro Rektor USU. Hadir dalam kesempatan tersebut Perwakilan BPKP Propinsi Sumatera Utara Muhammad Yusuf, Pembantu Rektor II USU Prof. Armansyah Ginting, Pembantu Rektor IV Prof. Ningrum Natasya Sirait, Pembantu Rektor V Ir. Yusuf Husni, para Dekan dan Pembantu Dekan II USU di, bagian Keuangan di lingkungan USU dan serta auditor BPKP di USU.

 

Dalam pemaparannya, Ayi Riyanto mengatakan bahwa Perbedaan yang paling signifikan dari Lembaga yang berbentuk BHMN (Badan Hukum Milik Negara) dan BLU (Badan Layanan Umum) adalah tata kelola keuangannya. Lembaga berbentuk BHMN lebih cenderung pada privatisasi untuk tata kelola keuangan serta anggaran yang dipisah dari APBN/D. Dilain pihak lembaga yang berbentuk BLU tetap melakukan privatisasi namun dikombinasikan dengan Publik serta dana berasal dari APBN/D. Dikatakan Ari, USU dapat mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan aset-aset BLU. Pemasukan yang di dapat melalui aset tersebut dapat di simpan ke dalam kas USU dan tidak dimasukkan ke dalam kas negara.

 

USU selama ini di meruapakan sebuah Lembaga BHMN dan akan beralih ke bentuk BLU. Untuk menuju BLU sendiri, sebuah lembaga harus mempunyai syarat-syarat tertentu seperti dapat memberikan pelayanan publik, mendapatkan ijin dari Departemen Teknis dan dinyatakan lembaga yang sehat. Memiliki Performance agreement, pola tatakelola, rencana strategis bisnis, laporan keuangan pokok, standar pelayanan minimum dan audit report. Dalam sambutannya, Pembantu Rektor II USU Prof. Armansyah Ginting menghimbau agar USU dapat melakukan peningkatan pencapaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lebih baik lagi pada tahun 2012 ini. Sementara Muhammad Yusuf selaku BPKP Perwakilan Sumatera Utara mengatakan bahwa antara BPKP dan USU telah terjalin kerjasama sejak lama yaitu ketika USU masih berstatus PT BHMN dan masih berlangsung hingga sekarang. BPKP juga siap memberikan arahan terkait tata kelola USU dalam menuju Good University. (vie/humas)

PetaIkonikUSU