Universitas Sumatera Utara membuka kembali kesempatan bagi para lulusan SMTA/sederajat untuk mengikuti UMB-PT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi) Tahun 2012. Pendaftaran online untuk Ujian Tulis UMB-PT ini telah dimulai sejak 4 Juni lalu dan ditutup pada 20 Juli 2012, dan hingga kemarin jumlah pendaftar telah mencapai 1.400 orang.

 

Demikian disampaikan Ketua dan Sekretaris Panitia Lokal USU Prof. Ir. Zulkifli Nasution, MSc., Ph.D., dan Rulianda Purnomo Wibowo, SP, M.Ec saat memberikan pernyataan terkait persiapan pendaftaran UMB-PT di kantor sekretariat PUML (Panitia Ujian Masuk Lokal) Kampus USU kemarin (Kamis, 5/7). Disampaikannya bahwa tahapan pendaftaran UMB-PT ini diawali dengan Registrasi Prabayar di website www.penerimaan.spmb.or.id. Selanjutnya melakukan pembayaran biaya pendaftaran ujian tulis di Bank BNI pada 4 Juni-18 Juli. Langkah berikutnya melakukan Pendaftaran Online sejak 4 Juni-20 Juli, kemudian peserta tersebut diminta untuk melakukan Pencetakan Kartu Ujian dengan masa waktu paling lambat 21 Juli 2012 Jam 20.00 WIB. Sedangkan Ujian Tulis untuk seleksi ini akan dilaksanakan pada 22 Juli, dan pengumuman hasil ujiannya dijadwalkan pada 31 Juli 2012.

 

Melalui UMB-PT ini diestimasikan USU akan menerima calon mahasiswa baru sebanyak 1.270 orang untuk program S-1 Reguler dan sebanyak 1.632 orang untuk program S-1 Mandiri. Dengan demikian melalui jalur UMB-PT ini diperkirakan USU akan menerima kembali sebanyak 2.902 orang calon mahasiswa baru.

 

Persyaratan bagi peserta UMB-PT 2012 ini terdiri dari Tamatan SMTA (SMA, MA, SMK, SMTA luar negeri, ujian persamaan) pada Tahun Berjalan dan atau paling lama kelulusan 3 (tiga) tahun terakhir, (2010, 2011 dan 2012). Juga diperkenankan bagi Tamatan Paket C tahun berjalan atau tahun 2010, 2011 dan 2012 yang memiliki raport tiga tahun (selama yang bersangkutan mengikuti program tersebut). Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya (sebagai contoh untuk program studi yang dalam belajar diperlukan kemampuan membedakan warna, tidak boleh buta warna).

 

Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan di Teller cabang Bank BNI terdekat disertai dengan membawa bukti Pra Registrasi. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui ATM atau Internet Banking pada website http://www.bni.co.id. Untuk informasi biaya pendaftaran dapat dilihat pada website www.penerimaan.spmb.or.id. Jumlah biaya pendafataran sesuai dengan pilihan jenis yang tersedia. Untuk Jenis Pembayaran II, III, IV pilihan bagi pendaftar untuk program S-1 Reguler, sedangkan untuk Jenis V hanya bagi Program S-1 Mandiri USU. Kelompok materi ujian pada UMB-PT 2012 dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu: Kelompok IPA, Kelompok IPS, Kelompok IPC (Kelompok IPA + IPS). Setiap peserta yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti kelompok IPA saja, atau kelompok IPS saja, atau kelompok IPC, dan tidak tergantung pada jurusan SMTA-nya.

 

UMB-PT 2012 ini diikuti oleh 13 (tiga belas) PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia yang terdiri dari, Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh, Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe, Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Jambi (UNJA) Jambi, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jakarta, Universitas Negeri Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Palangka Raya, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten, Universitas Borneo Tarakan (UBT), dan Universitas Terbuka (UT). Dengan demikian peserta UMB-PT dapat memilih salah satu atau lebih dari universitas yang tergabung dalam UMB-PT 2012 tersebut. Pihak penyelenggara dari seleksi ini adalah P-SPMBN (Perhimpuan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara) Pusat.

 

Untuk memenuhi kebutuhan informasi atas pelaksanaan UMB-PT ini Panitia Lokal (Panlok) USU menyediakan layanan Help Desk dengan alamat Jl dr T Mansur No. 9-B Kampus USU dengan nomor kontak yang bisa dihubungi selama hari/jam kerja (08.30 s/d 16.00 WIB) 061-75096831, 061-75096839, 061-75096813, 081360363315. (humas)

PetaIkonikUSU