MEDAN–USU: Mewujudkan Medan sebagai kota yang berpredikat Smart City, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FASILKOM – TI) Universitas Sumatera Utara menggelar Diskusi publik bertemakan “Penguatan TIK bagi Masyarakat (Internet Society & Smart City)” Rabu (10/02/2016).

Internet 1Acara dilaksanakan di Ruang Sidang Senat Akademik BPA USU ini berjalan interaktif dan lancar karena peserta diberi kesempatan untuk memberikan saran, pendapat dan pertanyaan kepada para narasumber.

 

Sajadin Sembiring, perwakilan dari Dewan Tik Daerah (DETIKDA) Medan, dalam sambutannya menyatakan, tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk mendapatkan pendapat dari berbagai stakeholder TIK yang ada di Kota Medan, sehingga pada akhirnya hasil dari kegiatan diskusi ini akan memberi suatu rekomendasi bagi kebijakan pemerintah yang terkait dengan TIK tentunya. Nantinya hasil dari diskusi ini akan memberikan suatu nilai edukasi dan pemahaman yang baik tentang TIK kepada masyarakat luas.

Internet 2Hadir dalam acara ini Rektor Universitas Sumtera Utara Prof. Dr. Runtung Sitepu SH, M.Hum, Dekan FASILKOM – TI USU Prof. Dr. Muhammad Zarlis M.Sc, Kepala Balai Besar Pengembangan & Pengkajian Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Kota Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si, perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Drs. Harunsyah, perwakilan dari BBPPKI Kota Bandung Parulian Sitompul, mahasiswa USU dan beberapa staf pengajar USU.

 

Dalam sambutannya, Rektor USU Prof. Runtung Sitepu mengatakan, penguatan teknologi informasi dan komunikasi ini sangat penting bagi masyarakat. Penguatan sistem informasi juga mempengaruhi peringkat suatu Perguruan Tinggi karena tanpa adanya suatu sistem informasi yang kuat, maka suatu Perguruan Tinggi itu akan sulit mencapai jenjang yang lebih tinggi.’’Penguatan informasi publik ini juga telah menjadi salah satu perhatian bagi kami dari 10 program kerja yang kami paparkan pada pemaparan program kerja calon Rektor USU beberapa waktu yang lalu,” ungkap Prof. Runtung Sitepu yang juga membuka secara resmi acara diskusi publik itu.

Internet 3Dekan Fasilkom–TI USU Prof. Muhammad Zarlis dalam sambutannya mengungkapkan, bidang teknologi informasi dan komunikasi tentunya menjadi bagian perkembangan pembangunan negara. Bahkan negara maju seperti Amerika Serikat bisa mengklaim, mereka mampu menguasai dunia karena mereka menguasai teknologi informasi. ‘’Hal ini menunjukkan, teknologi informasi dan Komunikasi tidak dapat terlepas dari segala aspek kehidupan manusia,” demikan ujar Prof. Zarlis. Begitu juga dengan isu Kota Medan yang akan dirancang layaknya sebagai Smart City, tentunya memerlukan infrastruktur yang mendukung. Seperti perangkat TIK yang memadai dan sumber daya manusia yang kompeten terhadap perkembangan TIK. Pada diskusi publik ini juga dibahas hal mengenai bagaimana Konsep dan Program Smart City yang akan tersedia di Kota Medan.



Adapun yang menjadi Narasumber pada kegiatan Diskusi Publik ini adalah Dekan FASILKOM–TI USU Prof. Dr. Muhammad Zarlis M.Sc, Kepala Balai Besar Pengembangan & Pengkajian Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Kota Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si, perwakilan dari Drs. Harunsyah dan perwakilan dari BBPPKI kota Bandung Parulian Sitompul. (humas)

PetaIkonikUSU