MEDAN-USU: Rombongan Chung Yuan Christian University (CYCU) Taiwan mengunjungi ke USU pada Kamis (7/4/2016) di Ruang Tim Pemikir.

CYCU 1Rombongan diterima Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) USU Dr. Esther Nababan, M.Sc dan Wakil Kepala KUI USU, Dr. Himsar Ambarita, ST., MT serta Dr. Fahmidari Fakultas Teknik USU yang pernah membimbing 25 mahasiswa FT USU ke CYCU pada 2015.

 

Rombongan dari CYCU antara lain: Prof. MengHui Li (Dean College of Engineering), Prof. Ying Yi Hong, Prof. Ying Yi Hong (Secretary General of CYCU), Prof. Cheng Yuan Chang (Director Departement of Electrical Engineering), Assis. Prof. Yu Kuen Lai (Department of Electrical Engineering), Asso. Prof. Wei Sung Hung (Department of Chemical Engineering), Assis. Prof. Chen Ming Kuo (Department of Mechanical Engineering), Assis. Prof. Hung Te Hsu (Department of Enviroment Engineering).

CYCU 2Sebelumnya sebanyak 25 orang mahasiswa tingkat akhir dari Departemen Teknik Elektro FT USU telah mengikuti kerja praktik selama satu bulan di Chung Yuan pada bidang Electrical Engineering yang berlangsung dari tanggal 3 Agustus sampai 1 September 2015.

 

Sesudahnya, Prof. Ying Yi Hong dari CYCU yaitu pakar di Bidang Teknik Elektro hadir sebagai pembicara dalam acara ELTICOM (International Conference On Electrical, Telecommunication And Computer Engineering) 2015 di Auditorium USU pada 27 sampai 28 November 2015 lalu.

CYCU 3Saat itu, Prof. Ying mengatakan, CYCU telah mempertimbangkan untuk memberi fasilitas beasiswa magister bagi mahasiswa USU yang tertarik untuk berkuliah di sana, dan tidak hanya tertutup untuk ilmu teknik saja, karena dari tujuh college yang ada di CYCU ada pula ilmu sosial yang bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa dari fakultas lain di USU.

 

Kali ini CYCU mengunjungi USU sebagai kunjungan yang lebih formal, hal ini terkonfirmasi dari komposisi rombongan yang diutus CYCU dan presentasi yang lebih mendalam sebagai tindaklanjutdari kerjasama yang sebelumnya pernah dijalin.

CYCU 4Kepala KUI USU, Dr. Esther menyampaikan, USU menerima baik kunjungan ini, dan siap memfasilitasi jika ke depannya aka ada kegiatan mahasiswa dengan tujuan universitas di luar negeri, sebagaimana keterlibatan KUI sebelumnya.

 

Dalam kesempatan ini CYCU menyampaikan, program Master dapat diselesaikan dalam waktu maksimal dua tahun. Program Ph.D dapat diselesaikan dalam waktu maksimal empat tahun dengan fasilitas hunian sementara dan sama halnya dengan program master akan ada evaluasi setiap tahunnya.

CYCU 5Dalam presentasinya, CYCU memberikan gambaran secara visual apa saja fasilitas belajar mengajar yang ada di sana, serta beberapa riset-riset penting yang tengah dikaji CYCU antara lain: membran teknologi dalam studi Teknik Kimia dan Unmanned system yang lebih multi disiplin ilmu ,yaitu teknologi yang ke depannya akan banyak dilibatkan dalam bidang konstruksi dan militer.

 

CYCU melalui Prof. Meng Hui Li berharap ke depannya kerjasama dapat ditingkatkan dan pihaknya terbuka dalam memfasilitasi kunjungan mahasiswa dari USU khususnya dalam program Ilmu Teknik. (humas)

PetaIkonikUSU