MEDAN-USU: Tim Mikro Solar Matic (MSM) Departemen Fisika FMIPA USU telah berhasil sebagai juara satu pada lomba North Sumatera Innovation Award yang diadakan pada New Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) mulai tanggal 18 Maret s/d 18 April 2016 di Medan. Turun bertanding dengan lima produk inovasi, Tim MSM Fisika USU juga berkompetisi dan bersaing dengan tim dari Univesitas lain yang ada di Medan, tim dari SMA se-kotamadya Medan dan para peneliti dari beberapa Pemkab di Sumatera Utara.Pengunjung sangat banyak dan antusias melihat stand milik MSM Fisika USU, sebagian besar dikarenakan rasa ingin tahu akan produk-produk penelitian Fisika yang telah dihasilkan di Laboratorium Terpadu Fisika USU.

MIPA 1Kelima inovasi teknologi tersebut terdiri dari Pendeteksi Diabetes Melalui Napas Menggunakan Sensor Pasif dengan Sistem Mobile, Sistem Kendali Otomatis Perangkat Elektronika Tanpa Kabel, Pendeteksi Kebocoran Gas dan Isi Tabung LPG dengan SMS, Sistem Penyiraman Otomatis Tenaga Surya Menggunakan Sensor dari Limbah Cangkang Hewan Laut, dan Pompa Air Otomatis Tenaga Surya.

MIPA 2Selama dipamerkan, produk inovasi Pendeteksi Diabetes melalui napas yang telah diuji klinis di rumah sakit paling banyak menarik perhatian pengunjung. Dan nyatanya setelah melalui penjurian yang ketat, inovasi ini akhirnya terpilih sebagai juara pertama. Trofi juara langsung diberikan oleh Plt Gubernur Sumatera Utara, Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si pada malam penutupan New PRSU 2016 dan disaksikan oleh Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, M.Si, anggota DPRD SUMUT, Wali Kota, para Bupati se-SUMUT, dan ratusan masyarakat yang menghadiri acara penutupan yang sangat meriah tersebut.

MIPA 3Tim Mikro Solar Matic (MSM) Fisika USU diketuai oleh Dr. Tulus Ikhsan Nasution, Dosen di Departemen Fisika FMIPA USU. Bertindak sebagai Penasehat dari Tim ini adalah Dr. Sutarman (Dekan FMIPA USU) dan Dr. Kerista Sebayang (Wakil Dekan III FMIPA USU). Mahasiswa/i Fisika USU, baik S1, D3 dan Ekstensi juga terlibat dalam Tim ini diantaranya Muhammad Balyan, Darmansyah Dalimunte, Andrian Syahputra, Rica Asrosa, Dara Azdena, Vivi Herika, Khairul Ilham, Ilham Sutra Pradana, Irfanul Tahir, Faturrahman, Ilfa Husna, Ahmad Wahyudi, Khalida Maulvi dan Tengku Adetya Nurhaliza. Selain itu, Ridho Rumansyah (laboran Lab Fisika) dan dr. Yetty Machrina (dosen di Fakultas Kedokteran USU) turut bergabung dalam Tim MSM Fisika USU.

MIPA 4Dr. Tulus Ikhsan mengatakan, walau selama ini penelitian yang mereka lakukan di Laboratorium Terpadu Fisika sebagian besarnya dari dana mandiri, tetapi mereka selalu bersemangat dan tak kenal menyerah untuk terus berkarya demi kemajuan IPTEK di USU dan juga Indonesia, khususnya di Fisika USU. Tulus bersyukur karena mahasiswa/i Fisika USU ternyata mempunyai motivasi yang luar biasa untuk selalu berinovasi dalam kondisi apapun. Rica Asrosa misalnya, mahasiswi semester 4 ini bersama dr. Yetty Machrina dan Ridho Rumansyah sangat aktif membantunya dalam pengembangan dan pengujian sensor diabetes.

MIPA 5Hasil uji yang telah diperoleh itu juga akan dipresentasikan pada International Conference on Advances in Functional Materials di International Convention Centre, Jeju Island, Korea Selatan pada tanggal 8-11 Agustus 2016. Begitu juga dengan Faturrahman dan Muhammad Balyan (mahasiswa semester 8) sangat aktif membantunya dalam berinovasi dan membimbing junior-junior mereka untuk menjadi peneliti-peneliti muda penerus bermental pejuang.

“Hari demi hari teknologi yang mereka hasilkan semakin baik dan berkualitas sesuai dengan motto, Better Physics for Better Technology,“ kata Tulus. Tulus menambahkan, kemenangan ini bukanlah kemenangan Tim MSM Fisika USU saja, tetapi kemenangan seluruh warga USU dan masyarakat SUMUT akan kemajuan IPTEK di SUMUT. Mereka juga siap bertanding di event-event Internasional demi mengharumkan nama USU lebih tinggi lagi jika diberi kesempatan.

MIPA 6Mewakili Tim MSM Fisika USU, Dr. Tulus menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan moril dan materil yang diberikan oleh Rektor USU Prof. Runtung, SH,MHum. Sebelum mengikuti lomba, Rektor juga sempat memberikan nasehat kepada Tim MSM Fisika USU sehingga menjadi penyemangat bagi Tim untuk berprestasi secara optimal. Prof. Runtung juga berjanji akan membantu dalam proses pematenan atau mendapatkan HAKI. Tim MSM Fisika USU juga berterima kasih kepada Dr. Hamonangan Nainggolan, Ketua LIDA USU, yang telah memberikan izin kepada Tim MSM Fisika USU untuk melakukan penelitian di Lab Terpadu Fisika USU.(humas)

PetaIkonikUSU