MEDAN-USU: Melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2016, Universitas Sumatera Utara menerima sebanyak 2.325 mahasiswa baru untuk 47 program studi S1 reguler yang ada di universitas ini. Angka tersebut diperoleh berdasarkan pengumuman hasil SNMPTN yang diumumkan oleh Panitia Nasional SNMPTN 2016 melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id yang bisa diakses sejak pukul 13.00 WIB kemarin. Demikian disampaikan Rektor USU Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum melalui Ka. Humas USU Bisru Hafi, S.Sos, M.Si di kampus USU selepas berlangsungnya pengumuman SNMPTN kemarin (Senin, 9/5).

 

Sehubungan dengan pengumuman SNMPTN yang dilakukan secara serentak oleh seluruh PTN di lingkungan Kemristekdikti tersebut, Rektor USU mengucapkan selamat kepada peserta yang telah lulus di USU, sembari menjelaskan bahwa pengumuman SNMPTN tersebut juga bisa diakses pada laman website USU memalui laman www.usu.ac.id. Bagi peserta yang tidak lulus, Prof. Runtung mengatakan, masih terbuka kesempatan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 sampai dengan tanggal 20 Mei.

 

Bagi peserta yang telah lulus ini, Prof Runtung juga mengingatkan agar tidak lupa mengikuti Pelaporan Mahasiswa Baru USU yang diterima melalui SNMPTN T.A 2016/2017 yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2016 dengan tatacara dan waktu pelaporan sebagaimana dapat dilihat pada laman web tersebut. Karena, bagi peserta yang diterima melalui SNMPTN Tahun 2016 yang terlambat melakukan pelaporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka kelulusannya dapat dibatalkan.

biro baruSementara itu Ketua dan Sekretaris Panitia SNMPTN 2016 USU, Prof. Dr. Rosmayati, MS dan Prof. dr. Gontar Alamsyah Siregar, Sp.PD, KGEH menjelaskan, untuk mengetahui status kelulusan peserta adalah dengan cara memasukkan nomor pendaftaran peserta terlebih dahulu pada laman website pengumuman tersebut. Prof. Rosmayati yang juga sebagai Wakil Rektor I USU juga menjelaskan rincian dari 2.325 orang peserta SNMPTN yang telah diterima tersebut terdiri dari 1.868 reguler dan 475 orang Bidikmisi. Sedangkan berdasarkan pengelompokkan bidang ilmunya dari jumlah yang lulus tersebut terdiri dari 1.429 IPA dan 896 IPS.

Detail rincian Tatacara Pelaporan Mahasiswa Baru USU T.A 2016/2017 yang diterima melalui SNMPTN Tahun 2016 adalah, Waktu Pelaporan untuk Kelompok IPA/Saintek (FK, FP, FKG, FT, FMIPA, FKM, FF, F.Kep, Fasilkom-TI) pada tanggal 31 Mei 2016 pukul 09.00 s.d 11.00 WIB, Tempat Gelanggang Mahasiswa USU Jl. Universitas Kampus USU, Padang Bulan, Medan. Sedangkan untuk kelompok IPS/Soshum (FH, FEB, FIB, FISIP, F.Psikologi) tanggal 31 Mei 2016 Pukul 10.00 s.d 12.00 WIB, Tempat Pendopo USU Jl. Universitas Kampus USU, Padang Bulan, Medan (masuk dari Pintu 1).

Tatacara Pelaporan dan Kelengkapan Administrasi yang harus dibawa oleh peserta yang diterima melalui SNMPTN 2016, Peserta harus datang sendiri (TIDAK BOLEH DIWAKILI) berpakaian rapi (Tidak dibenarkan memakai kaos oblong, Sandal/Selop, topi, dan cadar) dengan syarat membawa Kartu Peserta SNMPTN Tahun 2016 Asli, Ijazah Asli atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), apabila Ijazah dan SKHUN belum keluar, dapat membawa Surat Keterangan Lulus yang diterbitkan oleh sekolah asal (dilengkapi dengan pas photo ukuran 3x4 cm). Surat ganti nama bagi yang pernah ganti nama.

Untuk Program BIDIKMISI, tambahan kelengkapan administrasi yang harus dibawa peserta yang diterima melalui SNMPTN 2016, Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau sejenisnya sebagai Bukti Siswa Aktif, Surat Keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademik yang disahkan oleh Kepala Sekolah, Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Instansi tempat orang tua bekerja, Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan bukti pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) dari orang tua/Wali, Foto rumah, tampak depan, kiri dan kanan.

Medan, 9 Mei 2016

Humas,

PetaIkonikUSU