Pada Kamis (19/5/2016) di hari pertama bekerja sebagai Dekan Fakultas Kehutanan, Siti Latifah, S.Hut., M.Si. PhD, menerima kunjungan dari Mr. R. G. Nijmeijer, dari University of Twente Belanda yang juga merupakan Course Director dari Natural Resources Management, sebagai bagian dari Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation. Tiga Agenda penting kedatangan Mr. R. G. Nijmeijer di Fakultas Kehutanan USU yaitu diskusi bersama staf pengajar dan Dekan Fakultas Kehutanan USU terkait peluang kerjasama institusi, General Lecture (kuliah umum) dan penandatanganan MoU antara Fakultas Kehutanan USU dan Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation of University of Twente.

 

Diskusi yang berlangsung pada pukul 09.00-10.15 WIB dibuka oleh Dekan Fakultas Kehutanan yaitu Siti Latifah, S.Hut, M.Si, PhD dan dipandu oleh Dr. Anita Zaitunah, S.Hut, M.Sc yang juga merupakan alumni dari University of Twente. Dalam diskusi yang berlangsung hangat ini, dibicarakan berbagai peluang kerjasama yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan dan riset khususnya di lingkup Fakultas Kehutanan USU. Rencana kerjasama yang akan dijajagi oleh Fakultas Kehutanan USU dan Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation of University of Twente meliputi pengadaan training/short course bagi staf pengajar, joint research, pertukaran pelajar serta kemungkinan diadakakannya joint degree jika sudah ada program pascasarjana di Fakultas Kehutanan.

TwenteUsai diskusi bersama staf Dekan dan staf pengajar Fakultas Kehutanan USU, Mr. R.G. Nijmeijer juga diisi dengan Kuliah Umum di Aula Suratman Fakultas Pertanian USU pukul 10.30-11.30 WIB.. Kuiah umum yang mengambil tema “Geo-Information Science and Earth Observation Technology” diikuti lebih dari 100 mahasiswa serta puluhan dosen dan undangan yang berasal dari civitas akademika USU. Dalam kuliah ini dipaparkan deskripsi Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation, perkuliahan dan penelitian di dalamnya serta informasi peluang kerjasama dan beasiswa bagi mahasiswa dan dosen.

 

Dekan Fakultas Kehutanan USU dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan momen bersejarah bagi Fakultas Kehutanan USU dan diharapkan dapat meningkatkan motivasi bagi mahasiswa dan staf pengajar untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di USU. Mr. R.G. Nijmeijer sangat antusias menyampaikan presentasi terkait peluang belajar di University of Twente. Mr. R.G. Nijmeijer juga begitu antusias merespon para mahasiswa yang silih berganti menyampaikan pertanyaan dan keinginannya bisa kuliah di Negeri Belanda.

 

Usai Kuliah Umum dilaksanan, bertempat di Ruang Rapat Fakultas Kehutanan USU, dilaksanakan penandatanganan MoU antara Fakultas Kehutanan USU dan Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation of University of Twente. Semoga kegiatan pertama di hari kerja Dekan Fakultas Kehutanan USU menjadi tonggak awal bagi terciptanya lingkungan kerja yang prospektif untuk kemajuan Fakultas Kehutanan USU di masa yang akan datang.

PetaIkonikUSU