Medan: Ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2016 dijadwalkan akan berlangsung besok (Selasa, 31 Mei). Sehubungan dengan pelaksanaan ujian tertulis yang akan diikuti oleh sekitar 51.457 orang itu maka, pada hari ini semua peserta SBMPTN diimbau untuk melakukan peninjauan secara langsung ke lokasi ujian dimana peserta tersebut akan mengikuti ujian tertulis besok. Dari jumlah 51.457 orang peserta itu terdiri dari, 21.893 kelompok Saintek, 19.100 kelompok Soshum, dan 10.464 kelompok Campuran.

 

Demikian imbauan yang disampaikan secara bersama oleh Penanggung Jawab Panitia Lokal (Panlok) 14 Medan, Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum dan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd yang juga adalah sebagai Rektor USU dan Rektor Unimed, sebagaimana siaran pers Bidang Sosialisasi dan Humas Panlok 14 Medan yang diterima oleh wartawan harian ini (Minggu, 29/5).

 

Sementara itu Ketua Panlok 14-Medan Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS juga menegaskan, peninjauan ke lokasi ujian ini sangat penting dilakukan oleh peserta, agar peserta terhindar dari kemungkinan tersesat kelokasi lain yang hal ini dapat merugikan waktu ujian peserta sendiri. Terlebih bagi peserta yang berasal dari luar kota, disamping dapat terhindar dari tersesat ke lokasi lain yang bukan tempatnya melaksanakan ujian, peninjauan ini juga bermanfaat untuk bisa memastikan rute efektif yang akan ditempuh, menentukan trayek angkutan yang melintas ke lokasi ujian dan memperkirakan waktu tempuh untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

 

Prof. Rosmayati juga mengimbau, agar pada hari “H” besok, para peserta lebih cepat berangkat menuju ke lokasi ujian, dan untuk menghindari keterlambatan mengikuti ujian diupayakan sekitar 30 menit sebelum jam masuk, para peserta sudah berada di sekitar ruang ujiannya.

biro baruSebagaimana jadwal yang telah ditetapkan oleh Panitia Pusat SBMPTN, untuk kelompok Saintek, ujian akan dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 11.45 WIB, sedangkan untuk kelompok ujian Campuran, ujian dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB, dan untuk kelompok Soshum, ujian akan dimulai pukul 09.45 sampai dengan 14.30 WIB.

 

Kepada peserta SBMPTN juga diimbau, untuk tidak lupa membawa alat tulis yang dibutuhkan seperti Pinsil 2B berikut perautnya, ballpoint hitam, dan karet penghapus. Peserta juga diimbau untuk tidak lupa membawa Kartu Tanda Peserta asli yang sudah dilengkapi dengan pasfoto yang sesuai dengan ketentuan, membawa serta Surat Keterangan Lulus (SKL) asli atas nama peserta ujian yang mencantumkan foto yang bersangkutan, Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU), dan dapat memperlihatkan bukti identitas berupa KTP/SIM.

 

Peserta dilarang membawa alat komunikasi kedalam ruangan ujian baik berupa HP dan lainnya, juga tidak dibenarkan membawa alat hitung/calculator, kamera, buku dan catatan lainnya. Bagi peserta yang telambat lebih dari 30 menit, tidak diperkenankan lagi mengikuti ujian. Lokasi ujian untuk Kelompok Campuran dengan Pusat Sektor Perguruan Yaspendhar terdiri dari 8 lokasi yang ada disekitarnya. Kelompok Saintek dengan Pusat Sektor Fakultas Kedokteran USU terdiri dari 27 lokasi yang ada disekitarnya, dan Kelompok Soshum dengan pusat sektor FIK-Unimed terdiri dari 25 lokasi disekitarnya.

 

Sedangkan untuk lokasi ujian Computer Based Testing (CBT) hanya berlangsung di satu lokasi saja yaitu Fakultas Kedokteran USU dengan rincian peserta Saintek 46, dan Soshum 34. Selanjutnya, untuk peserta yang Berkebutuhan Khusus ada 9 orang, terdiri dari kelompok Saintek 2 orang, Soshum 6 orang, dan Campuran 1 orang dengan jenis kebutuhan khusus terdiri dari Tuna Daksa/Lumpuh, Kesulitan Menulis, Tuna Netra, dan Tuna rungu. Lokasi atau tempat ujian untuk peserta yang berkebutuhan khusus ini dipusatkan di Kantor Sekretariat Panlok 14 Jl dr. T. Mansur No.9-B Kampus USU. Dengan demikian total jumlah ruangan yang digunakan untuk pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN tahun 2016 ini ada sekitar 1.956 ruangan.

 

Sedangkan jumlah pengawas yang diturunkan, mulai dari Penanggung Jawab Lokasi, Kepala Ruang, Pengawas dan Pengawas Cadangan sebanyak 5.757 orang, dengan rincian 3.745 pengawas untuk kelompok ujian Saintek dan Campuran, serta 2.012 orang pengawas untuk kelompok Soshum, disamping itu sekitar 114 pengawas lainnya yang dipersiapkan untuk lokasi ujian Universitas Samudera Langsa dengan jumlah peserta ujian mencapai 1.114 orang.

 

Sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Rosmayati juga menyampaikan, sehubungan dengan SBMPTN yang merupakan agenda nasional dalam hal seleksi penerimaan mahasiswa baru pada sekitar 78 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Nusantara dan untuk memperlancar proses persiapan ruang ujian maka, kegiatan akademik atau perkuliahan dilingkungan Universitas Sumatera Utara diliburkan selama dua hari yaitu pada hari Senin dan Selasa, tanggal 30 - 31 Mei 2016.

 

Sebagaimana diumumkan pada laman Panitia Pusat SBMPTN 2016, jadwal SBMPTN diawali dengan Pendaftaran Online sejak tanggal 25 April sampai dengan 20 Mei 2016, Ujian tertulis (PBT dan CBT) dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2016, Ujian Keterampilan (bagi peserta yang memilih program studi tertentu) dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2016 dan/atau 2 Juni 2016, dan Pengumuman hasil seleksi SBMPTN dapat diakses melalui laman www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 28 Juni 2016 pukul 17.00 WIB. Demikian, terima kasih, salam.


Panlok 14-Medan
a.n. Ketua
Koordinator Bidang Sosialisasi dan Humas,

Bisru Hafi, S.Sos, M.Si

PetaIkonikUSU