Lima orang mahasiswa yang juga mewakili teman-temannya dari Fakultas Kedokteran Gigi beraudiensi kepada Rektor Universitas Sumatera Utara, pada rabu (19/10/16). Kedatangan mereka yang ditemani oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr. Trelia Boel, drg, M.Kes, dan Wakil Dekan III Mohammad Zulkarnain, diterima oleh Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Runtung, SH, di ruangannya di gedung BPA USU Kampus Padang Bulan Medan. Kelima orang mahasiswa FKG USU tersebut adalah para juara pada acara Musabaqoh Tilawatil Al Quran Mahasiswa ke-IV Universitas Sumatera Utara yang berlangsung pada 10-12 Oktober 2016 lalu di gedung Auditorium USU.

MTQM 1Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Runtung, SH, yang menyambut baik kedatangan para mahasiswa itu mengatakan, para juara MTQM ke IV dari FKG kali ini merupakan bibit unggul karena mereka bagus dalam akademik tapi juga berprestasi dalam menegakkan nilai-nilai agama. Terbukti, katanya, piala yang mereka raih dalam ajang MTQ tersebut menjadi acuan prestasi tersebut. Prof. Runtung menilai, para mahasiswa itu adalah calon-calon pemimpin di masa depan khususnya di almamater mereka. “Saya berharap prestasi ini bisa ditingkatkan pada level nasional, agar meningkatkan nama Universitas Sumatera Utara menjadi lebih baik terutama akreditasinya,” ujar Rektor. 

MTQM 2Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr. Trelia Boel, drg, M.Kes, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi di ajang MTQM ke-IV USU ini. Mereka, ucapnya, tidak hanya belajar di kampus tapi juga mengasah kemampuan mereka dibidang lain, yang menurutnya bisa dari apa saja seperti olahraga, kesenian, keagamaan, dan lainnya. Diharapkannya, prestasi ini bisa diraih oleh mahasiswa FKG lainnya dengan bidang lomba dan pertandingan yang berbeda pula.

MTQM 3Disebutkannya juga, bahwa dari Fakultas Kedokteran Gigi tidak ada secara khusus membina mahasiswa untuk ikut dalam berbagai kompetisi, namun secara pribadi para mahasiswa itu sudah punya kelompok masing-masing untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Walaupun begitu, ujarnya, kedepannya pihak fakultas akan memberi perhatian yang lebih baik lagi untuk seluruh mahasiswa yang ingin berkompetisi. “Saya kira memberikan waktu dan biaya buat mereka berkompetisi lalu memberi penghargaan bagi yang berprestasi sebagai bentuk apresiasi buat mereka, hal itu akan menjadi perhatian lebih bagi kami di kampus,” kata Dr. Trelia.

 

Harapan kami, lanjutnya, bagi mahasiswa yang menjadi pemenang dalam ajang MTQM IV USU ini dapat menjadi dokter gigi yang agamis, menjadi orang yang rendah hati tapi luar biasa, dan menjadi orang bermanfaat bagi masyarakat.

MTQM 4Dalam kompetisi Musabaqoh Tilawatil Al Quran Mahasiswa ke-IV Universitas Sumatera Utara tersebut mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi yang berhasil meraih juara yakni:

1. Liza Umami dan Winelda Mahfud Zaidan Haris (semester 3) Juara I Debat Bahasa Inggris

2. Hana Kholizah Ritonga, Juara II Khottil Qur’an Cabang Naskah Putri

3. Tira Nadhira, Juara III Tartil Qur’an Putri

4. Muhammad Hisyam Ali, Juara I Hifzil 2 Juz Putra

5. Mutia Firenza, Juara I Musabaqoh Tilawati Qur’an Putri (Semester I)

6. Rafidhah Aqilah Harahap, Juara III Qiro’at Sab’ah Putri (Semester I)

7. Anita Rahmi Pulungan, Juara Harapan II Hifzil Putri (Semester III)

PetaIkonikUSU