(Release)
Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menjadi juara Favorit I tingkat Perguruan Tinggi pada Pekan Inovasi Sumatera Utara (5th Annual Event Pekan Inovasi Sumatera Utara 2017) yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, di Lapangan Merdeka Medan (11-13 Mei 2017). USU berhasil menjadi Juara Favorit I dengan menyisihkan 11 Universitas di Sumatera Utara yang juga mengikuti Pekan Inovasi ini.

Inovasi a

Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi ini USU menampilkan beberapa inovasi yang diciptakan oleh dosen dan mahasiswa USU seperti; Tenaga Uap Air, Alat Pendeteksi Diabetes Melalui Nafas, Alat Pengering Ikan Asin Tenaga Surya, Alat Pendeteksi Kelembapan Tanah Dari Limbah Cangkak Hewan Laut Dan Lampu Hias Pintar (Inovasi dari Program Studi Fisika FMIPA USU). Chitin Chitosan Capsule untuk mengurangi lemak jahat dalam tubuh (Inovasi dari Program Studi Kimia FMIPA USU). Serta Pembuatan Aplikasi Pendidikan dari Pusat Inkubator Cikal USU.

 

Kesuksesan Tim Inovasi USU tidak terlepas dari dukungan penuh Rektor USU, Prof Dr. Runtung, SH,. M.Hum dan Wakil Rektor III USU Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama Drs. Mahyuddin K.M Nasution, MIT., Ph.D beserta staf serta Tim Inovasi USU yang diketuai Dr. Tulus Ikhsan Nasution beserta anggotanya seperti Prof. Dr. Harry Agusnar, Dr. Susilawati, Dr. Irwana Nainggolan dan Prof. Dr. Ritha Dalimunthe, M.Si serta dibantu oleh beberapa orang mahasiswa Program Studi Fisika.

Inovasi b

Inovasi yang juga menarik banyak perhatian pengunjung yaitu alat pendeteksi diabetes melalui napas. Salah satu dari ratusan pengunjung yang berpartisipasi menguji alat pendeteksi diabetes melalui nafas adalah istri gubernur sumatera utara Ibu Evi Diana Sitorus. “Alat pendeteksi diabetes melalui napas ini memiliki keunggulan dibandingkan alat ukur yang menggunakan sampel darah yaitu tidak menyakitkan, praktis dan lebih akurat serta lebih canggih karena data langsung dapat dibaca di Handphone”, kata Rica Asrosa, mahasiswi Fisika S1 semester enam yang menjadi asisten peneliti Dr. Tulus Ikhsan Nasution. Alat ini juga sedang dalam proses pematenan di Lembaga HAKI, Kemenkumham katanya lagi.

 

Khusus untuk produk inovasi Panel Pembangkit Listrik Tenaga Uap Air, yang inventornya terdiri dari Dr. Tulus Ikhsan Nasution, Dr. Irwana Nainggolan dan Muhammad Balyan, sudah memperoleh PATEN dari Lembaga HAKI, Kemenkumham dan hasil penelitiannya telah diseminarkan pada international conference on advances in functional materials 2016, korea selatan dan dipublikasikan pada Jurnal Key Engineering Materials (indeks scopus). Muhammad Balyan yang baru saja menyelasaikan studi S1 nya dari Prodi Fisika mengatakan, “Panel Pembangkit Listrik Tenaga Uap Air ini merupakan sebuah inovasi baru dibidang konversi energi yang mengkonversi uap air menjadi listrik tanpa turbin”.

Inovasi c

 

Rektor USU Bangga

Sementara itu Rektor USU Prof. Runtung melalui Wakil Rektor III USU Drs. Mahyuddin KM. Nasution, Ph.D mengaku bangga dengan perolehan yang dicapai oleh Tim Inovasi USU pada Pekan Inovasi Sumatera Utara tahun ini. Ia berharap agar dosen dan mahasiswa USU yang mengikuti ajang tersebut tidak berpuas diri dengan menjadi Juara Favorit I. “Agar dosen dan mahasiswa dapat terus meningkatkan kemampuan penelitian dan inovasinya setiap tahun dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain tidak hanya dari Sumatera Utara tetapi juga dengan perguruan tinggi di luar Sumatera Utara”, katanya.

 

Kegiatan Pekan Inovasi Sumatera Utara ini diikuti oleh tujuhpuluh satu instansi/perusahaan di Sumatera Utara. Pameran Pekan Inovasi Sumatera Utara ini dikemas secara profesional dengan kegiatan pendukung yang saling terkait seperti Pameran Pembangunan (Inovasi dan Investasi Daerah), Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara, Seminar/Dialog, Festival Musik, Lomba Mewarnai, Festial Tari Etnik, Hiburan Rakyat, dan lain-lain.(vie)

PetaIkonikUSU