Pijar, Medan. Tahun ini, Universitas Sumatera Utara kembali mengadakan Ujian Seleksi Jalur Mandiri bagi siswa/i SLTA yang masih ingin menjadi mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU). Total pendaftar yang mendaftar dan mengikuti Seleksi Ujian Mandirihingga hari Jumat (07/07) mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni dari 5.404 menjadi 6.526 pendaftar. Kenaikan jumlah pendaftar pun sejalan dengan kenaikan daya tampungdari1.896 kursi menjadi 2.053 kursi. 

umb2

“Tidak ada yang berbeda, cuma organisasi penyelenggaranya. Kalau kita dulu bergabung dengan SPMB, sekarang kita benar-benar mandiri. Ujian Mandiri yang dilaksanakan secara mandiri oleh USU untuk pertama sekali,” ujar Kepala Bagian Humas USU, Bisru Hafi.

 

Bisru menuturkan, ujian tulis Mandiri berlangsung di tujuh fakultas USU pukul sejak pukul 07.00 Selasa pagi (11/07). Sebanyak 6.526 peserta yang mengikuti ujian seleksi jalur initerbagi dalam tiga jalur, 3.206 peserta untuk jalur IPA, 2.280 jalur IPS, dan 1040 jalur IPC dengan pembagian lokasi ujian di beberapa fakultas sepertiFakultas Kedokteran, Pertanian, FKG dan Farmasi untuk jalur IPA,Fakultas FISIP dan Hukum untuk jalur IPS, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk jalur IPC Peserta dari masing-masing jalur penjurusan mengikuti ujian tertulis meliputi tes kemampuan dasar IPA, tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA) serta tes kemampuan dasar IPS.

umb1
“Jadi ini merupakan kesempatan terakhir seleksi S1 masuk Universitas Sumatera Utara dari tiga jalur untuk masuk ke USU. Sama SNMPTN sudah kita lalui dengan baik, SBMPTN juga sudah berjalan dengan baik. Insyaallah, hari ini kita juga melihat pelaksanaan seleksi masuk mandiri USU juga berjalan dengan baik,” ujar Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, M. Hum setelah selesai melakukan peninjauan pelaksanaan terhadap seleksi ujian Mandiri ke Fakultas Pertanian, FISIP, Farmasi dan FKG.

 

Runtung menghimbau bagi peserta yang nantinya tidak lulus, tidak perlu khawatir ataupun berkecil hati. Akan ada ujian seleksi jalur D3 yang akan segera dibuka pendaftarannya dari tanggal 17 – 31 Juli 2017. Ujian tersebut akan diadakan tanggal 2 Agustus dan akan diumumkan tanggal 8 Agustus. Kuota seleksi jalur D3 sendiri hanya tersedia sebanyak 1.015 kursi. Sehingga, akumulasi dari mahasiswa baru USU tahun 2017/2018 dari keempat jalur masuk adalah sebesar 8.465, 7.450 diantaranya adalah mahasiswa baru untuk jenjang S1.

umb3

Derry, salah satu peserta ujian mandiri jalur IPC sedang istirahat sambil menunggu ujian Tes Kemampuan Dasar IPS mengatakan bahwa iaoptimis akan lulus dalam ujian kali ini. Ujian kali ini, ia memilih Teknologi Informasi sebagai pilihan pertama karena hobinya di dunia IT. Supaya tidak terlambat ujian, ia sengaja berangkat pagi-pagi dari tempat tinggalnya di Tembung. Seperti peserta lainnya, Derry dapat mengakses pengumuman ujian mandiri pada tanggal 20 Juli 2017 mendatang.

PetaIkonikUSU