Eprince Tamba
PIJAR, Medan. Bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara, Trans 7 mengadakan “Workshop Redaksi: Eksis Jadi Jurnalis”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada 11–12 September 2017 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara. Workshop ini merupakan rangkaian program Roadshow Trans 7 yang ada di Medan yang berhasil menarik minat banyak orang. Antusiasme peserta workshop dapat dilihat dari jumlah peserta sebanyak 111 orang yang tidak hanya berasal dari USU bahkan peserta yang datang dari luar kota.

trans1


“Workshop Redaksi: Eksis Jadi Jurnalis” dihadiri langsung oleh Dekan FISIP USU, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., sekaligus membuka acara. Selanjutnya diisi oleh berbagai materi yang disampaikan oleh tim Trans 7 seperti penyampaian berita tentang pengenalan teknik-teknik peliputan berita mulai dari teknik penulisan berita, teknik PTC dan LIVE, teknik dubbing, teknik pengambilan gambar, HELICAM dan yang terakhir adalah teknik editing.

 

trans2
Pada “Workshop Redaksi: Eksis Jadi Jurnalis”, peserta dapat belajar kiat-kiat menjadi seorang jurnalis professional dengan terjun langsung kelapangan yang didampingi oleh mentor-mentor yang di datangkan langsung dari Trans 7 Jakarta. Selain itu Trans 7 juga menampilkan beberapa program andalan seperti Doeloe Sekarang, Tau Gak Sih, Jejak Petualang dan Jejak si Gundul.

 

trans3


Hari kedua tidak kalah menarik. Para peserta terjun langsung ke lapangan untuk mempratekkan materi-materi yang sudah disampaikan pada hari pertama. Para peserta dibagi ke beberapa kelompok untuk selanjutnya mendapatkan tema liputan yang berbeda-beda. Setiap tim terdiri dari 10 orang dan masing-masing akan mendapatkan tugas sebagai produser, cameraman, reporter, korordinator liputan (korlip), editor dan dubber.

 

trans4

 


“Tujuannya adalah supaya peserta terlibat langsung dan memahami bagaimana menjadi seorang jurnalis professional, dengan menggabungkan teori dengan praktek lapangan. Diharapkan itu sudah lebih dari cukup menambah wawasan mereka dibidang jurnalistik,” harap Titin Rosmasari selaku Pemimpin Redaksi Trans 7.
“Acaranya seru sekali ya, apalagi disini bisa belajar langsung dari presenter dan crew dari Trans 7, termasuk beruntung sih. Karena aku merasa bayar 100 ribu itu nggak sebanding dengan apa yang udah aku dapat saat ikut Workshop Redaksi,” ungkap Feby Febrina salah satu peserta workshop.

 

PetaIkonikUSU