MEDAN : Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat  kembali menambah fasilitas penunjang khususnya bidang Hemodialisa. Pada Rabu (01/11/2017) RS USU resmi membuka Poli Nefrologi dan Hipertensi.

 

Pembukaan itu langsung dilakukan Direktur Utama RS USU dr Azwan Hakmi Lubis, SpA, di lantai 4 ruang unit Hemodilisa rumah sakit yang berlokasi di Jalan dr T Mansyur. Hadir dalam kesempatan itu jajaran Direksi RS USU yakni Direktur Medik dan Pelayanan RS USU dr Nazaruddin Umar, SpAn. KNA, Direktur Keuangan dan SDM RS USU Dr dr Syah Mirsa Warli, SpU, dr. Sake Juli Martina, Sp.FK , Direktur Diklat, Penelitian dan Kerjasama  serta Direktur Sarpras Medik dan Pelayanan Penunjang Dr. Achmad Delianur Nasution, ST, MT. Hadir juga Prof dr Harun Rasyid Lubis, Sp.PD.KGH (Korwil Pernefri Sumbagut yang juga supervisor unit HD RS USU), Kepala Departemen Penyakit Dalam FK USU, Dr Refli Hasan, Sp.PD, Sp.JP dan dr Riri Andri Muzasti (Staf Divisi Nefrologi dan Hipertensi Departemen Ilmu Penyakit Dalam yang juga Kepala Unit HD RS USU).

 Klinik RS 1

Dirut RS USU dr Azwan Hakmi Lubis dalam sambutannya antara lain berharap, RS USU dapat menjadi RS pendidikan dan juga sebagai tempat layanan pasien selain jugs tempat pelayanan pendidikan dan penelitian. RS USU juga, harap Dirut, dapat memberikan pelayanan yang terbaik terkait pelaksanaan riset. Kata Dirut, klinik riset itu amat mahal, namun begitu, Azwan mengku optimis dengan hal itu mengingat hasilnya luar biasa dan memiliki dampak besar bagi warga.

 

Dr Azwan Hakmi Lubis, antara lain juga menyatakan saat ini RS USU memiliki 17 poliklinik yakni anak, bedah, kebidanan dan kandungan, penyakit dalam, THT, mata, syaraf, kulit kelamin, jantung, rehabilitasi medis, bedah syaraf , orthopaedi, bedah anak, tumbuh kembang,psikiatri kesehatan jiwa, paru, anasthesi . Sementara jumlah tempat tidur beroperasional sekarang adalah 109 tempat tidur sementara jumlah tempat tidur akan beroperasional sebanyak 56 tempat tidur. Saat ini pihaknya sedang berjuang untuk mempersiapkan diri menjadi RS Tipe B dan sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak .   Diingatkan Dirut, mengingatkan para tenaga di RS SU agar mau bekerja keras sehingga pelayanan RS USU menjadi lebih baik.  Apalagi saat ini RS USU sudah mendapatkan akreditasi paripurna untuk tingkat kelas C dan merupakan RS pendidikan nomor 4 dari 24 RS PTN di seluruh Indonesia.

 Klinik RS 3

Dr Refli dalam sambutannya menyambut baik dukungan yang diberikan pihak manajemen RS USU dengan dibukanya Poli Nefrologi dan Hipertensi. Adanya poli itu membuat layanan yang akan diberikan kepada pasien semakin baik dan penanganan deteksi pada penyakit akan lebih cepat. Tinggal, kata dr Refli, untuk semua kalangan dokter penyakit dalam yang bertugas di RS USU lebih cepat dalam penyerapan ilmu sehingga perkembangan ilmu dan teknologi terkait penanganan pasien HD cepat direngkuh.

 

Berdasarkan data, jumlah alat HD di RS USU setelah adanya penambahan alat baru saat peresmian poli tadi 12 unit menjadi total 25 unit. Hal itu akan menunjang kemajuan RS USU yang sudah memperoleh akreditasi paripurna dan masuk kelas 4 besar dari peraih akreditasi paripurna dari 24 RS PTN di seluruh Indonesia. RS USU, sebut dr Nazaruddin Umar, yang diresmikan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof Mohammad Nasir  pada, Senin (09/01/2017) saat ini terus mengembangkan diri dalam memajukan kinerja khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga bukan hanya untuk Sumatera Utara namun juga daerah lainnya di sekitar Sumut. Saat ini RS USU sudah memberikan pelayanan 17 poliklinik termasuk di antaranya poliklinik anak, dan saat ini sudah mengoperasikan 109 tempat tidur dengan rencana penambahan 56 tempat tidur hingga total akan mencapai 165 tempat tidur. (humas)

PetaIkonikUSU