Pijar/USER, Medan. Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Sumatera Utara (HIMTI USU) menggelar Senior High School Competion (SHSC), Minggu (26/11). Acara yang diadakan di Auditorium USU ini, mengusung tema“Let’s compete and act to improve out capability with industrial engineering.”

HIMTI 1

Acarayang dimulai pada pukul 09.00 WIBini,merupakan program kerja tahunan Departemen Teknik Industri USU.  Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Teknik Industri USU kepada siswa/i  Sekolah Menengah Atas di wilayah Sumatera Utara. Selain itu, acara ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa SMA dalam pengetahuan yang bertaraf olimpiade serta menumbuhkan jiwa kompetitif peserta, juga melihat pemerataan kompetensi pembelajaran di SMA seluruh Sumatera Utara.

 

Kegiatan ini dimulai dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia SHSC USU 2017, Sampang A. Manik.  Lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua HIMTI USU, Tribawa Ramadhana Hutagalung, Ketua Departemen Teknik Industri USU, Dr. Meilita Tryana Sembiring, Dekan Fakultas Teknik USU, Prof. Dr. Ir. Johannes Tarigan. Disusul dengan kata sambutan dari Kepala SubKesejahteraan Mahasiswa,Drs. Effendi Manurung yang sekaligus membuka acara pada pagi hari ini.

HIMTI 2

Adapula pengenalan jurusan Teknik Industri USU kepada para siswa, kemudian dilanjutkan dengan acara inti yakni olimpiade tingkat SMA/MA. Terdapattujuh mata pelajaran yang dilombakan  pada olimpiade ini, yaitu Bahasa Inggris, Ekonomi, Kimia, Biologi, Fisika, Geografi dan Matematika. Soal-soal yang diberikan di olimpiade ini disusun oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia(POSI) yang berkompeten di bidang penyusunan soal olimpiade.

 

Annisa Hidayah Lubis selaku panitia acara menyatakan bahwa acara ini diikuti oleh ± 1.300 peserta yang semuanya adalah siswa/i SMA mulai dari kelas X,X dan XII dari rumpun Ilmu Alam dan Sosial. Pendaftaran dari acara ini sudah dibuka sejak tiga minggu sebelum acara dimulai dengan harga tiket pendaftaran sebesar Rp70.000,- dan panitia juga membuka jalur on the spot bagi peserta yang ingin mendaftar di tempat.

HIMTI 3

Kegiatan ini disambut hangat oleh para siswa. Hal ini dapat dilihat dari peserta yang tidak hanya berasal dari sekolah di Sumatera Utara, tetapi juga provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Riau. Salah satunya disampaikan oleh Verra Sanny, siswi SMAN 1 Pancur Batu. “Acara ini sangat bagus karena meningkatkan pengetahuan yang diambil agar berhasil dalam prestasi,” tutur Verra.

 

“Agar tujuan dari acara ini terealisasi dan di tahun berikutnya dapat meningkatkan taraf olimpiade agar lebih sukses dari tahun sebelumnya,” harap Alfri Nasution selaku panitia.

 

Tidak hanya olimpiade, peserta juga dihibur dengan tari persembahan, pertunjukan akustik, Stand up Comedy oleh Lolok, Memet dan Rizky Teguh serta doorprize. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang olimpiade. Peserta yang memenangkan olimpiade ini akan mendapatkan Piala Bergilir Rektor USU, Sertifikat, Uang, Medali, serta Voucher Pelatihan Olimpiade Sains Nasional. (IntanSari/VionaMatullessya)

 

PetaIkonikUSU