MEDAN : Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara menjadi salah satu pendukung utama suksenya pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenristek Dikti 2018 yang berlangsung 16-17 Januari 2018 di kampus USU Jalan Dr T Mansyur.

 

Berdasarkan keterangan dr Maulidya Ayudika D, Sp.BTKV, selaku penanggungjawab posko kesehatan RS USU di sela-sela kegiatan di Gelanggang Mahasiswa Jalan Pintu 1 Kampus USU, Rabu (17/01/2018), adapun dukungan yang diberikan berupa posko layanan kesehatan selama acara berlangsung. Layanan itu  terdiri dari pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gula darah dan kolesterol dan penanganan gawat darurat. Untuk melengkapinya, menurut dr Ayu, panggilan akrabnya, ambulans RS USU disiagakan dengan tenaga 1 orang dokter dan 2 orang perawat. Bahkan pihaknya sudah bersiaga sejak acara gala dinner.

Dikti 2Universitas Sumatera Utara (USU) ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenristekdikti 2018 16-17 Januari 2018, bertempat di Medan. Rakernas yang merupakan agenda tahunan Kemenristekdikti tersebut akan diikuti oleh tidak kurang dari 300 orang peserta yang terdiri atas unsur pimpinan perguruan tinggi negeri, politeknik dan kopertis berasal dari seluruh Indonesia. Rakernas dibuka Meristekdikti, Prof Drs H Muhammad Nasir, MSi, Ak, PhD, CA dan dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani.

 

Rakernas Kemenristekdikti 2018 ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kinerja pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran tahun 2017 serta menyampaikan paparan program & anggaran 2018. Juga menyusun rekomendasi pengembangan iptek dikti dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam berbagai hal seperti kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, risbang dan inovasi. Selain itu menuntaskan zona integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) & memastikan pencapaian target reformasi birokrasi 2018.

 

Selain itu, di stand RS USU disediakan berbagai informasi terkait keberadaan RS USU. Banyak peserta Rakernas yang menyempatkan diri mendatangi stand RS USU. Selain memeriksakan kesehatan, para peserta juga berdiskusi soal keberadaan RS USU.

 

Saat ini RS USU memiliki 17 poliklinik yakni anak, bedah, kebidanan dan kandungan, penyakit dalam, THT, mata, syaraf, kulit kelamin, jantung, rehabilitasi medis, bedah syaraf , orthopaedi, bedah anak, tumbuh kembang,psikiatri kesehatan jiwa, paru, anasthesi . Sementara jumlah tempat tidur beroperasional sekarang adalah 109 tempat tidur sementara jumlah tempat tidur akan beroperasional sebanyak 56 tempat tidur. Saat ini RS USU berstatus kelas C dan berakreditasi paripurna.

Dikti 3Rumah Sakit USU adalah entitas Kementerian Ristek Dikti yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Universitas Sumatera Utara. Merupakan salah satu dari 20 RS Perguruan Tinggi Negeri dengan status yang sama dan akan dikembangkan di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Dikti. Berlokasi di Jalan Dr Mansyur, kawasan Kampus USU Medan, Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara berdiri tahun 2011 yang dimulai dari peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Rektor USU saat itu Prof dr Chairuddin P Lubis dan Gubernur Sumatera Utara saat itu H Syamsul Arifin, SE, pada tahun 2009.

 

Sejarah pendirian Rumah Sakit USU telah dimulai pada tahun 2003 dengan diajukannya Usulan proyek pembangunan Pusat Penelitian dan Diagnostik Kesehatan (PPDK) USU ke Bappenas yang kemudian direvisi menjadi usulan Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) USU. Pada tahun 2004, Usulan Pembangunan RSP USU tersebut disetujui dan masuk dalam perencanaan Bappenas. Pada tahun 2005 Islamic Development Bank (IDB) menawarkan Loan untuk membangun RSP USU. Setelah melalui proses negosiasi dengan pemerintah, IDB menyetujui pemberian Loan pembangunan RSP USU pada tanggal 1 Februari 2006. Pembangunan RS USU dilaksanakan antara tahun 2009 – 2011 oleh PT Waskita Karya yang ditetapkan sebagai pelaksana pembangunan tersebut. Rumah Sakit USU dibangun diatas lahan milik USU dengan sertifikat hak pakai seluas 38.000 m2, berlokasi di pusat kota, Jl. Dr. T. Mansur, berseberangan dengan Kampus Universitas Sumatera Utara. Bangunan Utama berlantai 5 dengan luas total 52.200 M2, menempati  sekitar 35 % dari tapak lahan. (humas)

PetaIkonikUSU