MEDAN – HUMAS USU : Dalam rangka memeriahkan Rapat Kerja Nasional Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Rakernas Kemenristekdikti) 2018 yang berlangsung dari tanggal 16-17 Januari lalu, Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai tuan rumah berpartisipasi dalam kegiatan pameran yang bertempat di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

rakerpameran1Dalam kesempatan tersebut, USU menampilkan berbagai produk hasil riset maupun inovasi unggulan yang dimiliki, yang beberapa di antaranya telah dipatenkan. Produk-produk tersebut umumnya masih diproduksi dalam jumlah terbatas, namun memiliki peluang untuk diproduksi massal jika ada industri yang berminat untuk bekerjasama dengan USU.

 

Beberapa di antara produk inovasi USU yang dipamerkan sekaligus diperjualbelikan dalam pameran adalah Obat Penangkal Radikal Bebas, Pisoya Makanan Pendamping ASI yang merupakan produk inovasi hasil penelitian hibah bersaing 2013-2014, Produk Inovasi Hasil Penelitian Talenta tahun 2016-2017, Kopi dan Gula Emas, Tepung Umbi Inovasi,  Teh Daun Gaharu, mobil modifikasi hemat bahan bakar yang memenangkan 1st Place Alternative Gasoline pada Driving Innovation at Shell Eco Marathon Asia 2014, dan lain-lain.

 

rakerpameran2Belasan stand perguruan tinggi lain ikut meramaikan arena pameran, seperti Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Medan Area (UMA), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Panca Budi, LP3I Medan, Politeknik Negeri Medan (Polmed), Universitas Syiah Kuala, Universitas Riau, Universitas Andalas, Institut Seni Budaya Aceh dan Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Juga hadir stand pameran dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Badan Standardisasi Nasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. (Humas)

PetaIkonikUSU