MEDAN-HUMAS USU: Tim UKM Robotik Sistem Kontrol dan Elektronika (SIKONEK) USU akan mewakili Provinsi Sumatera Utara,  bertanding di Kontes Robotik Indonesia (KRI) tingkat Nasional, yang akan berlangsung pada tanggal 11 hingga 14 Juli 2018 mendatang di Yogyakarta, dengan tuan rumah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Hal itu sebagai hak yang didapatkan setelah tim berhasil meraih juara ketiga dalam Kontes Robotik Indonesia (KRI) Regional I Sumatera yang berlangsung di GOR Tribuana Pekanbaru, pada 26-28 April 2018 lalu, dengan Universitas Riau (UNRI) sebagai tuan rumah. Terdapat 53 kontestan dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Sikonek 3Tim UKM Robotik SIKONEK USU berhasil menyabet juara tiga pada dua kategori dari lima divisi yang diperlombakan dalam kompetisi tersebut, yakni di kategori divisi Robot Pemadam Api Indonesia (robot berkaki) dan Robot Sepakbola (robot beroda). Dalam Divisi Robot Pemadam Api diikuti oleh Andika Pratama dari Prodi Fisika F-MIPA USU dan Muhamad Salamul Fajar Sabri dari Teknik Elektro USU. Sementara dalam tim Robot Sepakbola terdapat empat orang, yakni M Shobirin Irsyan, Indra Aulia dan Chairul Fahmi Nasution dari Teknik Elektro USU, serta Abadi Sanjaya dari Prodi Fisika F-MIPA USU. Tim SIKONEK USU 2018 didampingi oleh Staf Pengajar USU, Tigor Hamonangan Nasution, ST MT (Fakultas Teknik) dan Seniman SKom MKom (Fasilkom-TI).

 

Adapun yang berhasil menyabet juara I dalam Divisi Robot Pemadam Api berasal dari Universitas Negeri Padang dan juara II diraih tim Universitas Lampung. Sementara Juara I untuk Divisi Robot Sepakbola diraih oleh Politeknik Manufaktur Bangka Belitung dan juara II diraih oleh Universitas Negeri Padang.

Sikonek 1Ada lima kategori divisi perlombaan robot yang digelar dalam kompetisi tersebut, yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.

 

Kontes tingkat regional diselenggarakan pada 4 wilayah, yakni regional 1 (Sumatera), regional 2 (Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi), regional 3 (Jawa Tengah, Kalimantan Timur dan Selatan), dan regional 4 (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua).

Sikonek 4Nantinya, juara pertama KRAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2018 di Ninh Binh, Vietnam. Juga akan mewakili Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2019 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Juara pertama KRSBI Humanoid Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ROBOCUP 2019.  Sedangkan untuk KRSTI dan KRSBI Beroda belum diatur afiliasi-nya.

 

UKM Sikonek saat ini diketuai oleh Wahyu Angga Pratama (Teknik Elektro) dan Nurul Anggraini (Metrologi) sebagai sekretaris. Pengurus UKM Sikonek yang ada sekarang berjumlah 36 orang, yang mayoritas berasal dari Fakultas Teknik dan FMIPA. UKM Sikonek tengah melaksanakan proses seleksi bagi para anggota muda yang berasal dari berbagai fakultas di USU.

Sikonek 2Ketua UKM Sikonek Wahyu Angga Pratama saat dikonfirmasi mengutarakan bahwa staf pengajar dan seluruh tim SIKONEK telah berjuang maksimal dalam kompetisi tersebut dan merasa terharu atas perolehan prestasi kali ini, mengingat dalam lima kali kesempatan yang sama mereka ikuti pada kompetisi tahunan itu, belum sekalipun meraih juara. Ke depannya tim akan dilakukan evaluasi terhadap capaian yang telah diraih serta kesiapan mengikuti kompetisi di tingkat nasional.

 

Wahyu juga berharap agar pihak universitas dapat tetap memberikan dukungan dan memfasilitasi kebutuhan tim yang akan berjuang. Kebutuhan paling mendesak bagi tim adalah tenaga pelatih yang diharapkan mampu mempertajam kemampuan mereka ke depan. (Humas)

PetaIkonikUSU