MEDAN – HUMAS USU : Kegiatan Pengabdian Masyarakat bertajuk Hubungan Otitis Media Supuratik Kronis (OMSK) dan Mastoiditis yang diketuai oleh Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT KL (K), disambut dengan antusias oleh warga masyarakat di Puskesmas Pembantu Berngam, Binjai Kota, Sumatera Utara, belum lama ini. Adapun anggota tim yang terlibat dalam kegiatan yakni dr Elvita Rahmi Daulay, M Ked (Rad), Sp Rad (K), bekerjasama dengan Kepala Puskesmas Binjai Kota, Dr Yunitawati Bangun.

 

Dalam kegiatan tersebut diadakan antara lain penyuluhan Hubungan OMSK dan Mastoiditis yang bermaterikan antara lain pengenalan mengenai OMSK dan Mastoiditis, penyebab dan gejalanya, serta bagaimana pencegahan dan penanggulangannya. Penyuluhan diikuti oleh 13 orang kader dan 107 pasien. Selain penyuluhan, juga diadakan pemeriksaan THT rutin dan foto rontgen mastoid. Seluruh kegiatan dilaksanakan dengan sumber dana yang didukung oleh Dana Non PNBP USU 2018.

PemasMenurut Dr dr Farhat,  M Ked (ORL-HNS), Sp THT KL (K), kegiatan penyuluhan digelar sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan para kader tentang OMSK dan Mastoiditis, dengan cara mengedukasi kader dan mengajak mereka untuk semakin peduli akan kesehatan, serta mewaspadai gejala-gejala OMSK dan Mastoiditis. Sehingga bila nantinya ia menemukan gejala sebagaimana yang telah diterangkan, dapat langsung cepat tanggap dan menyarankan masyarakat untuk secepatnya memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat, seperti puskesmas. Mengingat semakin dini suatu penyakit diketahui, semakin cepat pula ditangani dan semakin besar pula kemungkinan penyembuhannya.

 

Sementara untuk pemeriksaan THT rutin, tujuan diadakannya adalah untuk mendeteksi secara dini adanya gangguan atau kelainan pada saluran THT pasien, khususnya penderita OMSK dan Mastoiditis. Foto rontgen mastoid bertujuan untuk menjaring pasien yang mengalami mastoiditis.

 

Penyuluhan dimulai dari pagi hingga tengah hari, yang diawali dengan sambutan dari Dr dr Farhat dan Kepala Puskesmas Binjai Kota, dr Yunitawati Bangun. Dilanjutkan pemeriksaan THT rutin oleh Dr dr Farhat dan foto rontgen mastoid oleh dr Elvita dan tim radiografer, yang dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga sore hari.

 

Dalam kesempatan itu juga turut dibagikan buku ajar dan leaflet kesehatan yang memuat informasi tentang OMSK dan Mastoiditis.(Humas)

PetaIkonikUSU