MEDAN-HUMAS USU :  Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-49, Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara menggelar orasi ilmiah yang menghadirkan Sekretaris Jenderal PP Ikatan Apoteker Indonesia, Noffendri Rustam, S.Si,  Apt dan Branch Manager Kimia Farma Palembang, Nisamuddin Hasibuan, S. Si, Apt. Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum dan berlangsung di Aula lantai II Fakultas Farmasi USU, Senin (3/9).

Dies Far 2018 3Noffendri Rustam, S.Si, Apt, menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Prospek Pekerjaan Kefarmasian di Masa Depan”, sementara Nisamuddin Hasibuan, S. Si, Apt, menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Tantangan Apotik Offline Dengan Adanya Apotik Online”. 

Dies Far 2018 2Sementara itu, Dekan Fakultas Farmasi USU, Prof Dr Masfria, MS, Apt, dalam pidatonya mengucapkan rasa syukur atas beberapa capaian yang telah diraih fakultas yang dipimpinnya. Dua Prodi yang ada di Fakultas Farmasi yakni Prodi Sarjana Farmasi dan Prodi Pendidikan Apoteker telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001-2015 dari British Standard Institute. Prodi Sarjana Farmasi mendapatkan kategori Gold, sementara Prodi Pendidikan Apoteker mendapatkan kategori Silver.

Dies Far 2018 1Ditambahkannya, dalam bidang penelitian, jumlah penelitian yang dilakukan oleh dosen Fakultas Farmasi USU terus meningkat tiap tahunnya. Tahun 2018 jumlah penelitian yang dilakukan oleh para dosen Fakultas Farmasi mencapai 33 judul, dengan status pembiayaan yang berasal dari Kementrian Ristekdikti dan Talenta USU. Peningkatan juga dicapai dalam bidang publikasi ilmiah yang pada tahun 2018 ini mencapai 59 artikel, sementara tahun sebelumnya hanya 40 artikel ilmiah.

Dies Far 2018 5Prof Dr Masfria, MS, Apt, juga mengapresiasi prestasi yang diraih oleh tim mahasiswa Fakultas Farmasi yang meraih Best Invention Award di ajang 29th International Invention, Innovation & Technology Exhibition 2018 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada tahun ini, Fakultas Farmasi juga telah melakukan pertukaran 11 orang mahasiswanya dengan mahasiswa asal Malaysia dalam program student exchange dengan University Kebangsaan Malaysia.  Serta menerima 5 orang mahasiswa student exchange asal Maroko, Mesir, Belanda dan Malaysia.

Dies Far 2018 4Dalam rangkaian kegiatan Dies ke-49 tersebut, Fakultas Farmasi USU juga menggelar berbagai acara lain yakni jalan santai, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pengabdian masyarakat serta berbagai kegiatan lainnya. Seluruh acara yang digelar berlangsung dengan lancar dan meriah.(Humas)

PetaIkonikUSU