MEDAN – HUMAS USU : Pusat Inkubator Bisnis Teknologi CIKAL USU menggelar Coaching dan Bimbingan Teknis Penguatan Proposal Bisnis Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Tahun 2018 di Hotel Sibayak Internasional Berastagi Sumatera Utara. Kegiatan berlangsung dari tanggal 14 hingga 16 September 2018, dari pagi sampai malam. Coaching dan Bimbingan Teknis Penguatan Proposal Bisnis PPBT merupakan lanjutan dari kegiatan sosialisasi dan rekrutmen calon peserta PPBT yang diadakan pada bulan Agustus lalu.

PPBT Cikal 3Hadir memberikan kata sambutan pada kegiatan tersebut, Wakil Rektor III USU Drs. Mahyudin Nasution, M.IT, Ph D. Terlihat mendampingi, Kepala Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU Ir Lilis Sukeksi, M Sc, Ph D, dan tim CIKAL USU. Peserta yang hadir dalam forum merupakan para CEO muda yang sudah bekerjasama dengan inventor yang berasal dari dosen USU dan alumni USU. Juga para CEO yang memiliki produk  sejalan dengan TALENTA USU dan memiliki pelanggan serta pasar yang tepat.

 

Coaching dan Bimbingan Teknis Penguatan Proposal Bisnis Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) diadakan dalam rangka membangun iklim yang kondusif untuk mendukung komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan di Perguruan Tinggi serta menumbuhkembangkan perusahaan pemula berbasis teknologi. Melalui Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL, USU berupaya melakukan Sustainability Euntrepreneurship Program yang dimaksudkan untuk memberdayakan seluruh civitas akademik (dosen, alumni dan mahasiswa) menjadi wirausaha pemula (Start up) dengan memanfaatkan hasil – hasil penelitian/riset yang sudah dilakukan.

PPBT Cikal 1Coaching dan Bimbingan Teknis ini juga dilakukan sebagai upaya untuk mendorong terwujudnya perusahaan baru yang tidak hanya menjadi Start Up, tetapi juga mampu menjadi scaled up dan menimbulkan dampak ekonomi bagi masyarakat di sekelilingnya. Upaya tersebut antara lain ditempuh melalui penyusunan bisnis model, rencana bisnis, manajemen keuangan, dan pengajuan proposal untuk program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang diselenggarakan Ristekdikti.

PPBT Cikal 2Pada 2017 CIKAL USU berhasil mendampingi tenant sebanyak 4 start up untuk mendapatkan pendanaan dari Ristekdikti. Sementara pada 2018, juga mendapatkan pendanaan Ristekdikti bagi  4 start up tenant yang didampingi. Delapan tenant tersebut saat ini menjadi tenant inwall yang menjalankan bisnisnya di gedung Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL USU. (Humas)

PetaIkonikUSU