Medan – Humas USU: Hari Ulang Tahun (HUT) ke 25 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi sejarah bagi fakultas yang menciptakan lulusan sarjana kesehatan masyarakat itu. Sebab, bersamaan dengan HUT seperempat abad tersebut, FKM USU berhasil meraih akreditasi A.

 

Rektor USU,  Prof. Runtung Sitepu, SH, M.Hum dalam kata sambutannya menyampaikan, “Keberhasilan itu, berkat semangat, kerja keras dan kekompakan yang luar biasa. Harapannya tahun 2019 FKM USU ini dapat meningkatkan tiga program studi untuk akreditasi A. Tahun depan juga diharapkan masuk dalam salah satu program studi yang mengikuti akreditasi internasional,” demikian disampaikan Rektor di Stadion Mini USU pada Minggu (21/10).

hutfkm253“Ini merupakan berkah, sejarah dalam 25 tahun. Karena akreditasi A penilaian berbagai aspek perguruan tinggi utamanya FKM USU dan memberikan sumbangan yang besar,” ujarnya dan mengimbau agar FKM terus berjuang dan tahun ini mulai mengikuti akreditasi internasional di usia yang bila disamakan dengan pertumbuhan manusia, 25 tahun adalah usia seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan S1 atau sebagian S2. HUT ke 25 ini juga memiliki makna tersendiri karena pada Agustus lalu FKM berhasil meraih akreditasi A untuk S1 dan S2.

hutfkm254“Diharapkan tahun depan akreditasi itu dapat diraih,” demikian harapan Rektor dihadapan Ketua Majelis Wali Manat, Jajaran Rektorat, para anggota senat, darma wanita, para guru besar USU, institusi kesehatan, Dinkes Sumut, perwakilan BKKBN Sumut, dosen, ikatan alumni FKM USU, keluarga besar USU dan undangan lainnya serta mahasiswa.

 

Dekan FKM USU Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, Msi menyampaikan dalam kesempatan ini “Makna di HUT nya ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, pada gelaran Dies tahun ini FKM menyuguhkannya dengan konsep out door. Dalam kegiatan ini, kita juga melaksanakan senam bersama, mozaik logo dies natalis serta donor darah kerjasama dengan PMI” tuturnya.

hutfkm2535Selain itu, lanjutnya, diadakan Pospindu penyakit tidak menular, pemeriksaan mata, gigi, kecantikan kulit dan wajah. Mengadakan Bazar oleh mahasiswa S1 dan S 2 yang dibuka oleh ketua darma wanita USU serta kegiatan lainnya. “sejak bulan Agustus akreditasi A. Semoga semakin giat dan bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

 

Ia juga mengatakan, FKM USU sebagai Ketua AIPTKMI wilayah barat dan pembina FKM se Indonesia (UI, UNAIR, UNDIP, UNHAS dan USU) dalam acara ini dihadiri 2500 peserta dari berbagai institusi.

hutfkm252Sementara Sekertaris S 2 IKM FKM USU, Destanul Aulia, SKM, MBA, Mec, Ph.D menambahkan, formasi mozaik mahasiswa FKM kali ini berisikan konten dies natalis FKM USU ke 25 dan I’m public health and miracle, ia menambahkan “MIRACLE merupakan singkatan dari Manager, Inovator, researcher, apprenticer, communitarian dan educatior  yang merupakan profil lulusan sarjana, master dan doktor FKM,” ujarnya.

PetaIkonikUSU