USER/PIJAR:  Universitas Sumatera Utara kembali unjuk gigi prestasi dengan adanya perwakilan mahasiswa/i terbaik sebagai peserta dalam acara PEKSIMINAS XIV (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) tahun 2018 di Yogyakarta. Acara yang berlangsung mulai dari 15 hingga 20 Oktober 2018, diikuti universitas  dan sekolah tinggi yang ada di dari berbagai wilayah di Indonesia.

 

PEKSIMINAS merupakan event dua tahunan dalam bidang seni bagi mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) RI dengan menunjuk Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) sebagai pelaksana.

Peksiminas 1Dalam kegiatan yang telah memasuki tahun ke 14 ini, Universitas Sumatera Utara mengirimkan delegasi pada 8 tangkai lomba dari 15 tangkai yang diperlombakan. Perwakilan USU dari Fakultas Teknik, Hizkia Gultom berhasil meraih prestasi membanggakan. Hizkia berhasil mencapai peringkat ketiga dalam tangkai lomba Vocal Pop Solo Putera setelah mengalahkan 31 peserta lain.

 

Selama 14 tahun penyelenggaraan PEKSIMINAS, Universitas Sumatera Utara senantiasa mengirimkan perwakilan untuk bersaing dengan mahasiswa lain di Indonesia. PEKSIMINAS selalu menampilkan inovasi baru dalam kesenian. "Disetiap tahunnya selalu ada tangkai lomba yang baru demi mendukung seni-seni yang ada di Indonesia dan melestarikannya. Seperti tahun ini yaitu tangkai lomba rebana sebagai inovasi baru", tutur Anusapati, selaku ketua panitia PEKSIMINAS ke XIV tahun 2018 ini.

 

Seluruh tangkai lomba memulai perlombaan secara serentak pada tanggal 17 Oktober 2018. Kegiatan dimulai dengan ‘technical meeting’ untuk para peserta yang dilanjutkan dengan opening ceremony di lapanga GRHA SABHA Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Acara dibuka oleh Ketua Pengurus Pusat Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (PP BPSMI), Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd. Pada opening ceremony, kontingen Sumatera Utara membawakan tema Etnis Karo. (Muhammad Fattah)

PetaIkonikUSU