MEDAN – HUMAS USU :  Sekira 79 mahasiswa Delegasi Kesenian Astar (Delstar) 1.0 Universiti Malaya melakukan kunjungan ke Universitas Sumatera Utara (USU) dalam rangka bertukar informasi seputar berbagai kegiatan UKM mahasiswa dan pembinaan kreativitas kemahasiswaan. Kedatangan delegasi tersebut diterima oleh Staf Ahli Wakil Rektor I USU, Dr Rulianda Purnomo Wibowo, SP, M Ec, Sekretaris Kantor Urusan Internasional (KUI) Dr Ing Pramio Garson Sembiring, Kepala Biro Akademik USU Yasin Ginting, SE  dan Kepala Biro Kemahasiswaan, Dra. Cut Ornila, M Si. Pertemuan berlangsung di Ruang IMT-GT, Gedung biro Pusat Administrasi USU lantai 2, Senin (5/11).

Delegasi 2Kunjungan delegasi kesenian yang dipimpin Mohd Hairulnizam Kahmis itu bertujuan untuk menjalin sesi dialog dengan mahasiswa USU dan menjajaki peluang kerjasama yang mungkin dicapai oleh kedua universitas. Dipilihnya USU sebagai tujuan oleh Universiti Malaya, sebagaimana diterangkan oleh Mohd Hairulnizam Kahmis disebabkan prestasi yang telah diraih universitas tersebut dalam berbagai ajang nasional maupun internasional. USU juga dipandang sebagai universitas terbaik di Sumatera Utara. University Malaya berharap dalam kesempatan tersebut mereka bisa mendapatkan tips-tips yang bermanfaat untuk mendapatkan prestasi yang sama di berbagai kompetisi nasional maupun internasional yang mereka hadapi nantinya.

Delegasi 1Staf Ahli Wakil Rektor I USU, Dr Rulianda Purnomo Wibowo, SP, M Ec, dalam sambutannya menyampaikan beberapa capaian prestasi yang telah dibukukan oleh USU dalam berbagai event  nasional dan internasional. Sampai akhir 2017 tercatat 450 prestasi nasional dan internasional yang telah dimenangkan oleh mahasiswa-mahasiswi USU. Itu belum mencakup prestasi yang telah ditorehkan sepanjang 2018. Dr Rully berharap agar kunjungan dari Delegasi Kesenian Astar (Delstar) 1.0 Universiti Malaya tersebut dapat dilanjutkan dengan kerjasama lainnya di antara kedua universitas.

Delegasi 3Hadir dalam kesempatan tersebut beberapa wakil mahasiswa berprestasi USU seperti Tim Schneider, Tim UKM Robotik dan Tim Mobil Listrik, yang juga diberi kesempatan untuk mendeskripsikan sejarah ukm yang mereka geluti serta perjalanan meraih kemenangan yang mereka ukir dalam kompetisi bergengsi. UKM Robotik merupakan salah satu UKM yang menonjol di Universitas Sumatera Utara dan telah menorehkan prestasi di tingkat nasional. UKM ini berbasis penelitian robotika yang anggotanya berasal dari para mahasiswa USU lintas fakultas. Mereka pernah menyabet juara ketiga dalam Kontes Robotik Indonesia (KRI) Regional I Sumatera yang berlangsung di GOR Tribuana Pekanbaru, pada 26-28 April 2018 lalu di Universitas Riau (UNRI).

Delegasi 4Pada bagian lain, Mohd Hairulnizam juga melontarkan keinginannya untuk mengundang Universitas sumatera Utara dalam berbagai kegiatan berskala internasional yang akan mereka gelar. Dengan demikian maka hubungan yang terjalin di antara kedua universitas akan semakin erat dan memberikan manfaat yang saling menguntungkan dalam hal kemajuan ilmu dan teknologi, serta pengenalan budaya di antara kedua negara. (Humas)

PetaIkonikUSU