MEDAN – HUMAS USU : Wakil Rektor II Universitas Sumatera Utara, Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis, M Ked (OG), Sp OG (K), melantik dan mengambil sumpah/janji apoteker mahasiswa/i Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara Angkatan ke-24 Tahun Akademik 2017/2018, bertempat di Aula Fakultas Farmasi USU, Kamis (15/11). Sebanyak 113 Apoteker baru dilantik pada hari itu. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Komite Farmasi Nasional (KFN) Indonesia, Ketua PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Dekan Fakultas Farmasi USU, Dr Dra Masfria, M.S, Apt, para Wakil Dekan dan Kepala Prodi FakultasFarmasi USU.

Apoteker 2018 aDalam sambutannya, Wakil Rektor II USU menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa/i Fakultas Farmasi USU angkatan ke-24 yang pada hari itu telah berhasil meraih cita-citanya sebagai seorang apoteker atau ahli farmasi. Yang mana sebagai pelengkap pengakuan terhadap profesionalitas mereka telah diserahkan pula sertifikat kompetensi profesi apoteker.

Apoteker 2018 d“Dengan pengambilan sumpah dan janji ini, maka akan melekatlah kepada Anda sekalian tanggung jawab profesi terhadap segala hal berkaitan dengan pekerjaan dan profesi kefarmasian yang Anda tangani. Tanggung jawab profesi itu terkait pula dengan kebijakan dalam memutuskan hal-hal yang dapat dilakukan, sehingga tidak bertentangan dengan nilai-nilai, aturan dan hokum yang berlaku,” kata Prof Fidel Ganis.

Apoteker 2018 cDilanjutkannya, bahwa pengetahuan kefarmasian merupakan sebuah keahlian yang menuntut kemampuan, tidak saja secara praktikal dan keilmuan, melainkan juga pertanggung jawaban untuk merahasiakan segala pengetahuan kefarmasiannya dari hal-hal yang bertentangan dengan kemanusiaan dan merugikan lingkungan.

Apoteker 2018 e“Seorang apoteker sejatinya harus memanfaatkan seluruh ilmunya untuk membantu meningkatkan kehidupan manusia, baik dari aspek kesehatan maupun aspek survival. Dalam menunaikan fungsi dan kewajiban profesionalnya, seorang apoteker juga diharapkan untuk berupaya agar tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, kepartaian dan kedudukan sosial. Semata-matahanya atas pertimbangan kemanusiaan dan kemaslahatan umat manusia secara universal,” tegas Warek II USU itu.

Apoteker 2018 bLebih jauh ia juga mengingatkan, bahwa pencapaian Akreditasi A yang diperoleh Fakultas Farmasi USU serta di dapatkannya ISO 9001 : 2015 dengan kategori Gold bagi Prodi Farmasi dan Silver bagi Prodi Apoteker, harus dijadikan motivasi untuk berbua tlebih baik dan bekerja lebih keras lagi. Dengan demikian segala ketertinggalannya dengan fakultas farmasi dari universitas lain dapat dikejar, disamaibahkan mungkin diungguli.

Apoteker 2018 f“Sekali lagi saya ucapkan selamat menjalankan tugas dan profesi Anda yang baru. Semoga segala upaya dan kerja keras saudara sekalian, mendapatkan ridhodari Allah SWT,” tutup Prof Fidel. (Humas)

PetaIkonikUSU