MEDAN-HUMAS USU :  Menyongsong perubahan global yang berlangsung sangat cepat, semua pihak dituntut untuk siap beradaptasi dalam menyongsong setiap fase perubahan yang terjadi, kalau tak ingin tergilas dan ditinggalkan. Tak terkecuali bagi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (FP USU), yang pada Rabu (12/12) merayakan Dies Natalisnya yang ke-62.

FP Dies bBerangkat dari kondisi itu Fakultas Pertanian USU mengangkat tema “Meningkatkan Peran Fakultas Pertanian USU Pada Revitalisasi Perkebunan Rakyat” dalam kegiatan Dies Natalis yang berlangsung di Halaman Gedung Induk Fakultas Pertanian USU. Acara diisi juga dengan orasi ilmiah dari narasumber Diana Chalil, Ph D. Turut hadir di antaranya Wakil Rektor I USU Prof Dr Ir Rosmayati, MS, Rektor UISU Prof Dr Ir Muhammad Asaad, M Si,  Prof Djohar Arifin, Ketua IKA FP USU Ir Fauzi Yusuf, MM, Staf Ahli WR V Prof Darma Bakti, Mantan Wakil Rektor USU Ir Isman Nuriadi, Dekan Fakultas Ilmu Budaya USU DR Drs Budi Agustono, MS, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Prof Dr Dra Ida Yustina, M Si, dan beberapa Wakil Dekan fakultas yang ada di lingkungan USU.

FP Dies dDalam sambutannya, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, berharap agar alumni Fakultas Pertanian USU dapat berkiprah lebih banyak di bidang-bidang yang menjadi kekhususannya. Selain itu, Rektor juga menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan dan rencana strategis pembangunan USU ke depan, di antaranya pembangunan convention hall, hostel dan renovasi wisma USU yang akan dimulai pada 2019 mendatang.

FP Dies c“Fakultas Pertanian merupakan fakultas tertua ke tiga di lingkungan USU. Untuk itu, universitas konsern dalam mendorong penguatan peran fakultas ini, baik secara eksternal maupun internal. Sampai saat ini sudah sangat banyak prestasi yang dicapai oleh Fakultas Pertanian USU dalam berbagai bidang, dan kami sangat mengapresiasi hal tersebut,” kata Rektor.

 

Selain itu, Rektor juga mengucapkan terima kasih atas dukungan alumni USU kepada universitas, yang turut memberikan kontribusi dalam pembangunan dan peningkatan prestasi USU. Menurutnya, keberadaan alumni sangat penting dan merupakan kekuatan bagi universitas.

 FP Dies aSementara Dekan Fakultas Pertanian USU,  Dr Ir Hasanuddin, MS, menyampaikan berbagai hal terkait capaian fakultas tersebut hingga 2018. Baik dalam hal prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional, peningkatan jumlah peserta didik, penelitian dan kerjasama, pengabdian masyarakat, jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang dimiliki, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang termasuk di dalamnya Sistem Informasi dan Teknologi.

 

Untuk bidang penelitian dan kerjasama, Fakultas Pertanian USU mencatat peningkatan dari tahun 2017 yang sebanyak 175 penelitian dan kerjasama, menjadi 247 pada tahun 2018. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 41 persen.

FP Dies e“Peningkatan publikasi tidak terlepas dari meningkatnya kerjasama internasional yang dilaksanakan oleh Fakultas Pertanian USU dengan John F Allen dari Mandurah North Western Australia pada tahun 2017 dan  pada 2018 dengan Srinakharinwirot University Thailand, The International Institute of Knowledge Management (PVT) Ltd Sri Lanka dan CIRAD Perancis.  

FP Dies fKegiatan ilmiah juga mengalami peningkatan sebesar 46 persen dibandingkan pada tahun 2017. Jika pada tahun 2017 FP USU melaksanakan 2 kuliah umum, 1 seminar internasional, 1 pelatihan dan sosialisasi penulisan artikel ilmiah internasional bereputasi, 1 focus group discussion dan 1 seminar hasil pengabdian pada masyarakat. Sementara pada tahun 2018, FP USU melaksanakan 13 kegiatan meliputi 5 kuliah umum, 3 seminar internasional, 3 seminar nasional, 1 guest lecturer dan 1 pelatihan pemanfaatan. (Humas)

PetaIkonikUSU