MEDAN – HUMAS USU : Dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih terperinci terkait jadwal dan tata cara Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 kepada para kepala sekolah dan siswa/i SMU/SMK/Sederajat, Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan kegiatan Sosialisasi terkait materi tersebut, ke 18 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara. Kegiatan berlangsung sejak tanggal 15 hingga 18 Januari 2019, di mana Kota Medan menjadi kota terakhir pelaksanaan sosialisasi, yang berlangsung di Gedung Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU, Jl dr Mansur Medan, Jum’at (18/1).

DSC09360

Ratusan siswa/i se-Kota Medan hadir didampingi Kepala Sekolah dan Guru Bimbingan Konseling (BK) masing-masing, untuk mendengarkan bimbingan dan arahan, serta teknis pelaksanaan SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2019 yang disampaikan oleh narasumber yang berasal dari Panitia Pelaksana Seleksi tersebut. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor I USU, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, didampingi Ka Humas USU Elvi Sumanti, ST, M Hum, Staf Ahli Rektor USU dan para Kepala Biro serta Kabag terkait.Adapun narasumber Sri Melvani Hardi, S.Kom, M.Kom dan Dr. Nini Rahmawati, SP, M.Si.

DSC09623

Adapun beberapa daerah yang telah menuntaskan pelaksanaan Sosialisasi SNMPTN/SBMPTN 2019 oleh USU adalah Tebing Tinggi, Binjai, Pematangsiantar, Deli Serdang, Rantau Parapat, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Padang Sidempuan, Tanjung Balai, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Sibolga, Dairi, Langkat, Asahan dan Simalungun.

DSC09585

Dalam sosialisasi di daerah-daerah, Tim USU umumnya menghadapi berbagai pertanyaan seputar jadwal dan teknis pelaksanaan seleksi dari para peserta yang didominasi para kepala sekolah, guru BK dan siswa/i SMU/SMK/Sederajat. Antara lain tentang cara pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS), status akreditasi sekolah tertentu yang belum jelas, materi tes yang memuat Tes Potensi Skolastik di samping Tes Kompetensi Akademik, dll.

DSC09617

Adapun jumlah daya tampung USU untuk tiga jalur seleksi nasional tahun akademik 2019/2020 adalah sebanyak 7.759 orang, dengan perincian 2.288 untuk jalur SNMPTN, 3.275 untuk jalur SBMPTN dan 2.196 untuk jalur Mandiri. SNMPTN sendiri sudah dilaunching pada tanggal 4 Januari 2019 lalu, dengan Pengisian dan Verifikasi PDSS dari tanggal 4  hingga 25 Januari 2019. Pendaftaran SNMPTN dimulai dari tanggal 4 hingga 14 Februari 2019. Sementara Pengumuman dijadwalkan pada tanggal 23 Maret 2019.

 

PetaIkonikUSU