Medan – Humas USU : Universitas Sumatera Utara (USU) ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Sidang Paripurna Majelis Senat Akademik (MSA) PTN BH 2019. Kegiatan yang diikuti oleh para delegasi Senat Akademik dari 11 PTN BH itu berlangsung dari tanggal 18 hingga 19 Februari 2019, bertempat di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Menristekdikti RI, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph D, Ak, dijadwalkan hadir membuka acara pada Senin (17/2) pagi.


Turut mendampingi Menristek, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Prof Ainun Naim, Ph D, MBA, dan jajaran pejabat kementrian ristekdikti lainnya, serta Ketua Majelis Senat Akademik PTN BH, Prof. Ir. Priyo Suprobo, M.S., Ph.D. Gubernur Sumut, H Edy Rahmayadi hadir beserta beberapa pejabat Pemprovsu. Sementara dari USU, akan hadir Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, para Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Ketua dan Wakil Ketua Dewan Guru Besar, para staf ahli dan jajaran pimpinan lembaga lainnya yang ada di USU.

usu
Menristek Prof. H. Mohamad Nasir, Ph D, Ak, akan tampil sebagai salah satu pembicara utama, mengusung materi pemaparan yang mengambil tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Sarana-Prasarana penunjang Akademik”. Dua pembicara lainnya adalah Prof. Yanuarsyah (Tim PAK Pusat Kemenristekdikti) yang akan mengetengahkan materi , “Pelaksanaan PAK di tingkat Pusat” dan Prof. Juanda Nawawi (UNHAS), dengan materi “Strategi Percepatan Pengangkatan Profesor”.


Sidang Paripurna MSA PTN BH ini merupakan agenda rutin triwulan yang diadakan oleh Majelis Senat Akademik PTN BH, di mana sebelum sidang paripurna, MSA PTN BH melaksanakan Rapat Komisi yang dilaksanakan bergantian di 11 Perguruan Tinggi PTN BH. Adapun sidang paripurna MSA PTN BH di USU merupakan pleno dari hasil sidang komisi yang dilaksanakan sebelumnya di UGM, UNHAS dan UPI. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Senat Akademik USU, Muhammad Arifin Nasution, S Sos, M.SP, di sela gladi resik kegiatan, Minggu (17/2).


Majelis Senat Akademik PTN BH bersifat sebagai kemitraan antar Senat Akademik PTN BH dan mitra strategis Pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya, dalam memperjuangkan kepentingan bersama perguruan tinggi badan hukum khususnya, dan perguruan tinggi pada umumnya, dalam berbagai aspek dan isu yang relevan.


MSA PTN BH berfungsi untuk menjalin kerjasama yang strategis dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, guna mengembangkan ilmu pengetahuan, membina sumberdaya insani yang berkualitas dan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi PTN BH pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. (Humas)

PetaIkonikUSU