MEDAN – HUMAS USU : Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Sumatera Utara (PSPPI-USU) mengukuhkan tujuh orang Insinyur Profesional Angkatan I, bertempat di Ruang IMT-GT Gedung Biro Pusat Administrasi USU, Rabu (20/2). Pengukuhan yang ditandai dengan pengambilan sumpah profesi dan seremoni pengalungan medali serta pemasangan helm itu dilakukan oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum. PSPPI sendiri merupakan Program Studi yang berada di bawah Fakultas Teknik USU.

 

DSC 4057

 

Pengukuhan dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, Ir Slamet Rasidi, M Sc, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi Dr Ir Soerjanto Tjahjono, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Ir Tonggo Siahaan, Ketua DPD Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Wilayah Sumut dan Direktur PDAM Tirtanadi Ir Delviandry Tanjung, MSI. Sementara dari USU, selain Rektor, turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Majelis Wali Amanat USU Drs Panusunan Pasaribu, MM, Wakil Rektor I Prof Dr Ir Rosmayati, MS, Ketua IKA FT USU Dekan Fakultas Teknik USU Ir Seri Maulina, M Si, Ph D, para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas di lingkungan USU, Ketua Program Studi Program Profesi Insinyur Ir. Zulkarnain Abdul Muis, M.Eng.Sc, dan Sekretaris Program Studi Program Profesi Insinyur Dr. Ir. Renita Manurung, MT.

 

Dalam sambutannya, Rektor USU menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan para insinyur profesional tersebut. Ia berharap agar setelah dikukuhkan, para insinyur tersebut dapat mengabdikan ilmu dan keprofesionalannya sebagai tenaga pengajar di Prodi Program Profesi Insinyur Universitas Sumatera Utara. Selain itu, para insinyur juga diharapkan mampu memberikan sumbangsih terbaiknya bagi pembangunan bangsa dan negara.

 DSC 4021

“Pengukuhan ini saya yakini akan membawa semangat tambahan bagi Fakultas Teknik dan Prodi PPI untuk menjalankan misi yakni menyiapkan lulusan dengan identitas keinsinyuran yang berkarakter, berpengetahuan, berkemahiran, bermartabat dan berkualitas. Dengan demikian akan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” kata Rektor.

 

Ditambahkan Rektor, saat ini sudah ada 37 orang yang mendaftar untuk PSPPI angkatan ke II. Meningkatnya jumlah peminat dikaitkan dengan semakin banyaknya kebutuhan terhadap keberadaan insinyur professional.

 Kolase

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik USU Ir Seri Maulina, M Si, Ph D, mengatakan bahwa berdirinya PSPPI melalui perjalanan yang cukup panjang. USU merupakan salah satu dari 40 perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan mandat untuk mendirikan PSPPI pada tahun 2016. Merunut perjalanan PSPPI sebelumnya, Dekan FT USU menceritakan sejarah panjang pembentukan PPI di USU yang dimulai dari lahirnya UU RI No 11 Tahun 2014 Tentang Keinsinyuran. Akhirnya pada tanggal 10 Februari 2017 terbit Surat Keputusan Rektor USU Nomor 220/UN5.1.R/SK/PRS/2017 tentang Penyelenggaraan  Program Studi – Program Profesi Insinyur pada Fakultas Teknik USU.

 DSC 4113

Ia juga menambahkan bahwa untuk Tahun Ajaran 2017/2018 ada 8 peserta yang mendaftarkan diri. Namun hanya 7 orang yang memenuhi persyaratan untuk diterima melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Salah satu penilaian yang dilakukan saat penerimaan adalah pengalaman engineering yang dimiliki. Keberadaan insinyur profesional saat ini sangat dibutuhkan agar mampu bersaing dan berkarya melampaui batas-batas negara dan juga di kancah internasional.

 DSC 4088

Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Dr Ir Rosnani menyatakan dukungannya terhadap dikembangkannya PSPPI di USU. Ia mengharapkan agar PSPPI dapat mewajudkan profesionalitas insinyur di Indonesia. Ia juga mengimbau kepada para insinyur yang dikukuhkan pada hari itu, semoga dapat memegang teguh eksistensi keinsinyurannya. (Humas)

PetaIkonikUSU