MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) menorehkan prestasi baru dengan menjadi Perguruan Tinggi (PT) peringkat pertama di Indonesia, berdasarkan data yang dirilis Scimago Institutions Rangkings (SIR). Prestasi tersebut memperbaiki peringkat di tahun sebelumnya, di mana USU mendapatkan ranking tiga perguruan tinggi di Indonesia.

 

“Tahun 2019 ini USU memperbaiki peringkatnya pada SIR dengan menjadi peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke-536 di dunia,” ujar Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, Minggu (28/4).

 

Menurut Rektor, hal tersebut bisa dilihat dari website SIR, https://www.scimagoir. com/rankings.php?country=IDN, yang akan memperlihatkan urutan peringkat perguruan tinggi di Indonesia dan juga di dunia.

 

“Jadi pada tahun 2019 ini, USU naik dua peringkat di tingkat nasional, dan naik 138 peringkat di tingkat dunia menurut data Scimago. Sebelumnya di tahun 2018, USU berada pada peringkat tiga di Indonesia atau peringkat ke 674 di dunia,” tuturnya.

Biro aPada peringkat kedua terdapat Universitas Indonesia (UI) yang di dunia berada di peringkat 670 dan Bogor Agricultural University atau Institut Pertanian Bogor (IPB) di peringkat tiga Indonesia dan peringkat 683 dunia.

 

“Saya kira, ada beberapa faktor pendorong hingga USU berhasil meraih peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia tersebut. Antara lain karena adanya peningkatan kinerja lembaga penelitian,” ungkapnya.

 

Lebih jauh dijelaskan Rektor, bahwa yang juga menjadi faktor pendorong naiknya peringkat USU adalah adanya produk inovasi yang terus dihadirkan USU, serta peningkatan publikasi ilmiah.

 

Rektor berharap, agar prestasi ini dapat menjadi salah satu pemacu semangat seluruh Civitas Akademika USU, untuk memberikan kinerja dan pengabdian terbaik serta terus berinovasi. Selain itu, ia juga menargetkan USU bisa masuk ke dalam pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) Ranking dan berbagai sistem pemeringkatan perguruan tinggi dunia lainnya. (Humas/Tribunnews.com)

PetaIkonikUSU