MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Brainstorming Penyusunan Renstra USU 2020-2024 yang berlangsung di Ruang Senat Akademik Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 3, Senin (17/6). Kegiatan dibuka oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum.

Renstra 2019 gAcara digelar dengan tujuan untuk menjaring pemikiran-pemikiran maupun gagasan baru yang terhubung dengan penyelenggaraan dan pengelolaan universitas serta menyongsong rencana pengembangan internasionalisasi USU ke depan. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat USU, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik USU, Ketua dan Sekretaris Dewan Guru Besar USU, para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, para Staf Ahli Rektor, Kepala Biro dan Unit Kerja, Dekan Fakultas, Direktur RS USU dan pimpinan lembaga, Tim Penyusun Renstra USU 2020-2024, perwakilan dosen dan mahasiswa USU.

Renstra 2019 bHadir sebagai pemateri, Wakil Rektor IV USU Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME, dengan menyajikan pemaparan berjudul Rencana Induk Pengembangan Internasionalisasi Universitas Sumatera Utara. Juga Ketua Senat Akademik USU Prof dr Chairoel Yoel, Sp A (K) dengan judul materi "Situasi dan Visi Akademik USU ke depan".

Renstra 2019 hDalam sambutannya, Rektor USU mengatakan bahwa Renstra USU 2020-2024 merupakan tahapan lima tahun kedua dari Rencana Jangka Panjang (RJP) USU 2015-2039 yang disusun menggunakan metode pendekatan backward planning. Adapun sasaran utama Renstra USU 2020-2024 adalah menjadikan USU sebagai universitas berstandar internasional dengan bercirikan keunggulan lokal. Kegiatan brainstorming bersama sivitas USU ini dilakukan antara lain demi penyempurnaan Renstra USU 2020-2024 serta untuk mempersiapkan seluruh civitas akademika USU dalam menghadapi tantangan yang semakin kompetitif.  Situasi dan visi akademik USU ke depan juga memerlukan pengkajian yang lebih mendalam dan menyeluruh terhadap seluruh aspek yang menjadi bagian tak terpisahkan dari cita-cita USU untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berprestasi.

Renstra 2019 dRektor berharap agar seluruh pihak yang telah diundang dan hadir  mengikuti kegiatan Brainstorming Renstra USU 2020-2024 dapat memberikan ide-ide dan sumbang pikir serta saran yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan USU, agar semakin baik ke depan. Semoga segala hal yang telah kita curahkan bagi kemajuan USU, nantinya dapat direalisasikan dengan baik serta memberikan hasil sesuai dengan yang kita harapkan bersama. Terlebih dengan sudah banyaknya capaian yang sudah diwujudkan, maka terdapat beberapa hal yang harus dikembangkan dan dievaluasi kembali.

Renstra 2019 fMeskipun telah berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dan meraih peringkat satu perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan penilaian Scimago Institutions Rangkings, lanjut Rektor, USU harus terus menjaga komitmennya dalam meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki, baik tenaga pengajar seperti dosen dan guru besar, maupun tenaga kependidikan atau administrasi. Juga dalam melengkapi berbagai fasilitas pendukung kegiatan akademis lainnya untuk mewujudkan USU sebagai perguruan tinggi internasional dan memperbaiki peringkat USU yang saat ini sudah menduduki peringkat 536 dunia.

Renstra 2019 e“Kita harus berupaya agar USU dapat menembus peringkat 500 world class university (QS Ranking). Untuk itu diperlukan rencana-rencana strategis yang dapat meningkatkan penilaian terhadap USU. Maka pertemuan ini sangat penting maknanya dan saya berharap agar seluruh pihak yang telah diundang dapat terus mengikuti kegiatan hingga akhir,” ujar Rektor. (Humas)

PetaIkonikUSU