MEDAN-HUMAS USU : Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Prodi Agrobisnis menginisiasi Panel Diskusi ‘Pemantapan Jati Diri Dosen’ Tribute To Senior Prof Dr Ir H Meneth Ginting, M.A.D.E, yang berlangsung di Ruang IMT-GT Gedung Pusat Administrasi USU, Senin (15/07/2019). Kegiatan dibuka oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, yang diwakili oleh Wakil Rektor II Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K).

Meneth dDalam sambutannya, Wakil Rektor II USU mengucapkan selamat ulang tahun ke-79 kepada Prof. Dr. Ir. H. Meneth Ginting, M.A.D.E. Sebuah usia yang sudah melalui banyak asam garam kehidupan, kekayaan ilmu dan pengalaman, serta memiliki kebijaksanaan di dalam memandang hidup dan permasalahannya. Turut hadir di antaranya Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana, Bupati Serdang Bedagai Ir Soekirman, Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Hasanuddin, MS, Ketua Prodi Agribisnis Dr Ir Satia Negara Lubis, M Ec.

Meneth aDisampaikan Wakil Rektor II, acara diskusi ini digelar untuk berdiskusi dan membahas kiprah Prof Dr Ir H Meneth Ginting, M.A.D.E, dalam berbagai sisi profesionalitasnya, baik yang dilakukan di lingkungan Universitas Sumatera Utara, maupun di pemerintahan dan masyarakat secara luas.

Meneth hKegiatan ini juga merupakan sebuah ucapan terima kasih sekaligus penghormatan yang diberikan Universitas Sumatera Utara melalui Fakultas Pertanian dan Prodi Agribisnis atas dedikasi tiada henti yang diberikan oleh Prof Meneth sepanjang 60 tahun pengabdiannya sebagai pengajar.

Meneth gDalam sambutannya, Prof Dr Ir H Meneth Ginting, M.A.D.E, mengatakan bahwa sebagai dosen harus punya jati diri yaitu pelita hati, sederhana, tawakal, bahagia serta menjadi teladan sebagai pelaksanaan Tri Dharma perguruaan tinggi dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Meneth bDalam acara tersebut turut hadir keluarga, teman, sahabat serta rekan kerja yang memberikan testimoni, pandangan hidup dan kesan terhadap Prof Dr Ir H Meneth Ginting, M.A.D.E. Di antaranya adalah Dr Ir Budi D Sinulingga, M Si, Prof Dr Zulkifli Nasution, Prof Dr Ir Sumono, MS, Drs H Panusunan Pasaribu, MM, dan Prof Djohar Arifin Husin.

Meneth mPerkenalan Prof Dr Ir H Meneth Ginting, M.A.D.E, dengan Universitas Sumatera Utara diawali dengan diterimanya beliau sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian USU. Kemudian setelah tamat, beliau mengabdi sebagai dosen tetap USU. Kemudian Prof Meneth menjabat sebagai Pembantu Dekan III, II, I dan dilantik sebagai Dekan Fakultas Pertanian USU. Beliau juga tiada henti meningkatkan kapasitas dan potensi dirinya melalui studi kegiatan akademik baik di dalam maupun di luar negeri.  Meskipun terpilih sebagai Bupati Karo, Prof Meneth tetap memilih bersetia dengan jalan hidupnya sebagai dosen dan bertekad mencintai profesinya hingga akhir.

Meneth jPada kapasitas profesionalismenya, Prof Meneth pernah menjadi Staf Ahli BAPPELDASU (BLH USU), dan aktif dalam berbagai organisasi profesi, seperti Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ikatan Alumni USU, Himpunan Pengajar dan Peneliti Indonesia di Australia (HPPIA), Perhimpunan Peminat Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI), (Persatuan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia (PAPPI), The Asian Society of Agriculutural Economics (ASAE) dan The International Agricultural Economic Association (IAEA). (Humas)

PetaIkonikUSU