MEDAN – HUMAS USU :  Universitas Sumatera Utara melalui Fakultas Pertanian USU telah menjalin kerjasama dengan Czech University of Life Sciences (CULS), Prague, Czech Republic sejak tahun 2010.  Bentuk luaran kegiatan kerjasama tersebut antara lain adalah studi lanjut program doktor staf dosen Fakultas Pertanian USU ke CULS, partisipasi dosen USU sebagai dosen penguji luar di CULS, juga partisipasi dosen CULS sebagai keynote speaker maupun peserta seminar Internasional di Fakultas Pertanian USU (AEFS; Agriculture, Environment and Food Security), termasuk kegiatan AEFS yang akan datang yaitu 10 Oktober tahun 2019.

CULS aKegiatan lain adalah pertemuan ilmiah antara dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Program Magister (Ilmu Pangan, Ilmu Peternakan, Agribisnis, Agroteknologi) dan Doktor Ilmu Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) dengan dosen dan mahasiswa Czech University of Life Sciences (CULS), Prague, Czech Republic. Pada tahun 2019, kembali digelar seri lanjutan kegiatan yang sama, yaitu  The 2nd USU-CULS Collaboration Meeting dengan tema “Innovation in Agricultural Science and Technology in Facing Industry 4.0” , yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2019 di Ruang IMTGT Biro Rektor USU.  Kegiatan tersebut juga sangat didukung oleh Rektor USU dan Kantor Urusan Internasional (KUI), sebagaimana dinyatakan oleh Kepala  Kantor Urusan Internasional USU, Dr Esther Nababan, M Sc.

CULS dDekan Fakultas Pertanian USU, Dr Ir Hasanuddin, MS, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pertemuan ilmiah tersebut dapat memberikan masukan bagi penelitian mahasiswa kandidat doktor CULS. Juga menambah wawasan serta perkembangan pengetahuan bidang ilmu terkait dalam menghadapi industri 4.0 bagi mahasiswa dan dosen program Magister maupun Doktor Fakultas Pertanian USU.  Pertemuan ilmiah tersebut dihadiri mahasiswa program Master dan Doktor dari kelima program studi yang ada di Fakultas Pertanian beserta dosen tetap masing-masing. Selain itu, turut hadir ketua PS. Magister Ilmu Pangan Dr Ir Hotnida Sinaga, M Phil  dan ketua PS Magister Ilmu Peternakan Dr Nevy Diana Hanafi, S Pt, M Si. 

CULS bDelegasi dari CULS terdiri dari 6 orang mahasiswa program doktor dan satu orang dosen. Mahasiswa doktor dari CULS yang mempresentasikan draft tugas akhir doktornya adalah antara lain Jan Effenberk (Predictive maintenance), Johana Hrnková (Ticks), Michal Jůza (The study of factors effecting the efficiency of UDS 214), Jan Pytlík (Effect of innovative techniques of insemination doses production on dairy cow´s conception rate), Anna Sembiring (Leader of Science Camp) dan David Švorc (Electromobility). Keenam mahasiswa doktor tersebut didampingi oleh dosen dari CULS yaitu Ing. Adam Kešner PhD. Presentasi ilmiah tersebut dipandu oleh Riswanti Sigalingging, S.TP, M Si, Ph D sebagai moderator yang merupakan alumni doktor dari CULS. Banyak masukan yang diberikan oleh peserta temu ilmiah kepada mahasiswa program doktor CULS untuk perbaikan proposal penelitian doktornya.

CULS cPada penutupan kegiatan, Wakil Dekan III Fakultas Pertanian, Dr Ir Tavi Supriatna, MS, menyatakan bahwa pertemuan ilmiah tersebut sangat berguna bagi kedua pihak universitas dan pada tahun mendatang delegasi dari Fakultas Pertanian USU yang merencanakan melakukan kunjungan ke CULS dan mengadakan pertemuan ilmiah serupa. (Humas)  

PetaIkonikUSU