MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar ajang Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) USU Tahun Akademik 2019-2020. Kegiatan PKKMB yang berlangsung selama tiga hari itu menggandeng Pemerintahan Mahasiswa USU dalam pelaksanaannya. Pembukaan PKKMB dilaksanakan di Stadion Mini Kampus USU Medan, Senin (19/8/2019) dan diikuti oleh 9.166 mahasiswa baru. Jumlah tersebut merupakan para mahasiswa baru USU yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Masuk Mandiri (SMM), Seleksi Penerimaan Masuk Program Diploma (SPMPD) dan Internasional.

PKKMB 2019 aRektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, membuka acara, yang dilanjutkan dengan kuliah umum oleh narasumber tunggal Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Komjen Pol Drs Heru Winarko, SH. Dalam sambutannya, Rektor USU menyampaikan sejumlah pencapaian prestasi USU terkini, juga imbauan kepada para mahasiswa baru. Ia mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa dari 15 fakultas dan 156 prodi itu, yang telah berhasil masuk ke USU dengan menyisihkan puluhan ribu peserta lainnya yang telah mendaftar.

PKKMB 2019 b“Kalian telah terpilih, berarti kalianlah yang terbaik. Maka, manfaatkanlah kesempatan selama berkuliah di USU untuk melakukan hal-hal terbaik, yang tidak saja akan membanggakan diri dan orangtua kalian, melainkan juga universitas yang kita cintai ini,” kata Rektor.

PKKMB 2019 eSelain itu, ia juga mengingatkan agar para mahasiswa baru menjauhi perbuatan yang bisa merusak reputasi USU, yang saat ini telah banyak mendapatkan penghargaan dari berbagai lembaga. Antara lain masuk dalam klaster 1 pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh Kemenristekdikti, masuk dalam peringkat 4 jajaran Top Affiliation Science and Technology Index (SINTA).

PKKMB 2019 dRektor juga mengingatkan, “Jika ada aspirasi yang ingin disampaikan, sampaikanlah dengan baik sebagaimana hubungan orangtua dan anak. Binalah hubungan satu sama lain di antara kalian dengan baik. Karena kalian berasal dari berbagai suku, agama dan latar belakang sosial. Jaga selalu persatuan dan kesatuan NKRI,” katanya.

PKKMB 2019 hDalam kegiatan yang mengambil tema, “Melahirkan Generasi Bintang Yang Mampu Bersaing Dalam Tataran Global Pada Era Revolusi 4.0.” itu juga turut digelar senam Ahooi massal yang melibatkan 9.231 peserta terdiri dari para mahasiswa baru dan civitas akademika USU. Senam massal tersebut diganjar sertifikat pemecahan Rekor MURI untuk peserta Senam Ahooi terbanyak dengan mengenakan sortali. Sertifikat diserahkan oleh Senior Manager MURI, Awan Rahargo, kepada Rektor USU, yang disaksikan oleh Ketua Majelis Wali Amanat USU, Chief of  United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) Mr Collie Brown, para Wakil Rektor USU, para Dekan, dosen serta mahasiswa-mahasiswi baru.

PKKMB 2019 iTurut ditampilkan berbagai atraksi ketrampilan mahasiswa serta deville UKM Mahasiswa USU, atraksi drumband, paduan suara dan pelepasan balon untuk menandai resminya dimulai PKKMB di USU. (Humas)

PetaIkonikUSU