MEDAN – HUMAS USU : Wakil Rektor II Universitas Sumatera Utara (USU) turut hadir membuka acara Pertemuan Ilmiah Tahunan XVII Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), bertempat di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention, Kamis (22/8/2019). Pertemuan mengambil tema “Sinergi Dalam Meningkatkan Aktualisasi dan Kompetensi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Era Globalisasi.

Perdoksi 3Kegiatan yang berlangsung selama empat hari dari tanggal 21 hingga 24 Agustus 2019 itu membahas berbagai hal terkait penanganan dan tindak lanjut penemuan berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin, berikut antisipasinya. Juga mendiskusikan peran strategis PERDOSKI di Indonesia. Pertemuan diikuti oleh para ahli dan praktisi kesehatan serta dokter spesialis kulit dan kelamin dari berbagai negara di dunia dan berbagai daerah di Indonesia.

Perdoksi 2Ketua Panitia Pelaksana PIT XVII PERDOSKI, Dr dr Nelva K Jusuf, Sp KK(K), FINSDV, FAADV, dalam sambutannya mengatakan bahwa PIT bertujuan sebagai wadah bagi keluarga besar PERDOSKI se-Nusantara bersilaturahim. Juga berbagi pengalaman dalam bidang Dermatologi dan Venereologi bersama para pakar di bidang masing-masing, baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Perdoksi 5Disampaikannya, tema yang diusung dalam PIT kali ini sangat tepat bagi rutinitas keseharian, baik di bidang Pendidikan, Penelitian, Pelayanan, dan Pengabdian Masyarakat pada Era Revolusi Industri 4.0. Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam PIT, meliputi Simposium Pra PIT dengan Judul : “Tampil Cantik dan Menarik dari Ujung Rambut hingga Ujung Kuku”. Selain itu dilaksanakan sejumlah Workshop yaitu Botox, Filler, Combination Peel, Dermoscopy dan Stem Cell in Dermatology. Simposium ilmiah menghadirkan ratusan pembicara dalam negeri dan belasan pembicara luar negeri dengan berbagai macam topik-topik terkini yang menarik.

Perdoksi 6Pengabdian masyarakat dengan mengambil tema “PERDOSKI Peduli TNI”, diharapkan para anggota PERDOSKI bergabung dengan TNI untuk berbagi pengetahuan tentang cara-cara merawat dan menjaga kesehatan kulit dan kelamin. Selain itu diadakan kegiatan olahraga bagi anggota PERDOSKI meliputi tenis, senam Zumba dan Fun Run.

Perdoksi 8Malam Seni dan Budaya juga turut digelar dengan mengambil tema “Semarak Ragam Budaya Nusantara” yang diisi oleh anggota PERDOSKI dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Selain itu juga akan dilaksanakan penganugrahan FINSDV dan FAADV kepada para anggota PERDOSKI.

Perdoksi 4Sementara itu, Ketua Umum PP PERDOSKI Dr dr M Yulianto Listiawan, Sp KK(K), FINSDV, FAADV, mengatakan bahwa topik utama kegiatan PIT yaitu “All about skin appendages: from basic science to clinical practice and research”. Topik tersebut diangkat dengan tujuan untuk berbagi dan meningkatkan ilmu pengetahuan serta keterampilan dalam perkembangan riset, pedoman, praktik klinis terbaik, dan terobosan terbaru dalam ilmu pengembangan kesehatan kulit dan kelamin.

Perdoksi 9“Dalam pertemuan ini, para sejawat akan mendapatkan kesempatan tidak hanya mengikuti workshop dan program ilmiah yang komprehensif, tetapi juga studi kasus dalam bentuk presentasi oral dan poster, acara sosial dan keakraban,” katanya. (Humas)

PetaIkonikUSU